Search :

Advance


EKSTRAKSI MINYAK ATSIRI DARI LIMBAH KULIT JERUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENYULINGAN UAP

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad dami - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

EKSTRAKSI MINYAK ATSIRI DARI LIMBAH KULIT JERUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENYULINGAN UAP ABSTRAK Jeruk (Citrus Sp) merupakan salah satu jenis buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di semua kalangan. Pemanfaatan kulit jeruk selama ini belum banyak dilakukan. Penyulingan minyak atsiri dari limbah kulit jeruk dilakukan untuk menghasilkan minyak atsiri dari kulit jeruk dengan memvariasikan waktu dan ukuran bahan yang tepat agar meningkatkan nilai ekonomis dari limbah kulit jeruk. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan waktu yang efisien dan ukuran bahan yang tepat sehingga menghasilkan rendemen yang tinggi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penyulingan uap. Penyulingan minyak atsiri kulit jeruk ini dilakukan pada waktu 4, 5, dan 6 jam dengan ukuran bahan 2, 3, dan 4 cm pada ketinggian unggun 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak atsiri kulit jeruk hasil penyulingan pada kondisi ukuran bahan 2 cm selama 6 jam memperoleh rendemen paling tinggi yaitu sebesar 2%. Warna minyak yang diperoleh adalah kuning cerah dengan bobot jenis 0,82 gr/ml, indeks bias 1,47, kelarutan dalam alkohol adalah 1:1 (jernih), bilangan asam 0,28% dan dengan kadar limonene 83.20%. Kata Kunci : Minyak atsiri, kulit jeruk, penyulingan uap, rendemen.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EKSTRAKSI MINYAK ATSIRI DARI LIMBAH KULIT JERUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENYULINGAN UAP (Masruri, 2017)

PENGARUH MINYAK ATSIRI KULIT BUAH JERUK NIPIS (CITRUS AURANTIFOLIA(CHRISTM.)SWINGLETERHADAP PERTUMBUHAN METHICILLIN- RNRESISTANT STAPHYLOCOCCUS AUREUSRN SECARA IN VITRO (Rita Rosita, 2015)

AKTIVITAS ANTIBAKTERI MINYAK ATSIRI KULIT BUAH JERUK NIPIS (CITRUS AURANTIFOLIA) TERHADAP ISOLAT STAPHYLOCOCCUS AUREUS SECARA IN VITRO (Erni Vajriana, 2015)

PENYULINGAN MINYAK ATSIRI SEREH DAPUR (CYMBOPOGON CITRATUS) DENGAN METODE PENYULINGAN AIR-UAP (zaituni, 2016)

PENGARUH PENGGUNAAN SEKAT HORIZONTAL DALAM KETEL PENYULING PADA PENYULINGAN MINYAK JAHE (IDA HASMITA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.