//

NOTICING (PERHATIAN) GURU PADA PEMBELAJARAN DESIMAL MELALUI VIDEO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang INTAN SARI - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
TEACHER PERFORMANCE

Abstrak/Catatan

Profesionalitas menuntut guru memiliki kemampuan mengindentifikasi situasi/kejadian penting dalam pembelajaran, menginterpretasinya, dan membuat koneksinya dengan prinsip pembelajaran umum. Kemampuan tersebut dikenal dengan istilah noticing. Kemampuan ini berguna untuk menangani situasi kelas yang terjadi secara bersamaan, mengakomodir kebutuhan siswa, dan melibatkan siswa selama pembelajaran. Namun kenyataannya kemampuan noticing guru belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru 1) mengidentifikasi situasi/kejadian penting dalam pembelajaran desimal melalui video pembelajarannya sendiri, 2) menginterpretasinya, dan 3) membuat koneksinya dengan karakteristik matematika realistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan seorang guru mitra dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (P4MRI) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) sebagai subjek. Data penelitian ini berupa kemampuan guru mengidentifikasi situasi/kejadian penting dalam video pembelajaran, menginterpretasinya, dan membuat koneksinya dengan karakteristik matematika realistik. Data tersebut dikumpulkan melalui angket terbuka dan wawancara semi terstruktur yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan subjek mengidentifikasi situasi/kejadian penting dalam pembelajaran desimal melalui video pembelajarannya sendiri bervariasi. Pada video pertemuan ke-1 dan 2, subjek lebih mengidentifikasi situasi/kejadian yang berkaitan dengan guru daripada siswa, sedangkan pada pertemuan ke-3 subjek lebih mengidentifikasi situasi/kejadian yang berkaitan dengan siswa daripada guru. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa subjek menginterpretasi secara mendalam situasi/kejadian penting dalam pembelajaran desimal melalui video pembelajarannya sendiri. Hasil penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa kemampuan subjek membuat koneksi antara situasi/kejadian penting dengan karakteristik matematika realistik bervariasi. Pada video pertemuan ke-1 dan 2, subjek membuat koneksi antara situasi/kejadian penting dengan dua karakteristik matematika realistik yaitu masalah kontekstual yang diajukan di awal pembelajaran dan interaksi, sedangkan pada pertemuan ke-3 subjek membuat koneksi dengan dua karakteristik matematika realistik yaitu masalah kontekstual yang diajukan di awal pembelajaran, strategi/kontribusi, dan intertwin. Implikasi penelitian ini yaitu perlunya pada setiap pelatihan guru memberikan perhatian khusus terhadap aspek noticing sehingga menumbuhkan pemahaman guru tentang pentingnya noticing. Kata kunci: Noticing, guru, bilangan desimal, video pembelajaran

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU DALAM MENGAJARKAN BILANGAN DESIMAL DI SEKOLAH DASAR (Fitriadi, 2016)

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO 8 PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMPIT AL- FITYAN SCHOOL ACEH (NURMI YANTI, 2018)

PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN PRAKTIKUM LARUTAN ASAM BASA DAN UJI EFEKTIFITASNYA PADA KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Intan Maulida, 2018)

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO UNTUK PEMBELAJARAN RN MATERI ZAT ADITIF PADA MAKANAN RNDI SEKOLAH MENENGAH PERTAMARN(UJI COBA DI SMPN 1 BAITUSSALAM KAJHU ACEH BESAR) (Fakhruli, 2015)

PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN DESIMAL SISWA SEKOLAH DASAR (Erna Wirda, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy