Search :

Advance


STUDI KOMPARATIF TENTANG TINGKAT KEMANDIRIAN REMAJA SMA DI KOTA BANDA ACEH DITINJAU DARI KEUTUHAN KELUARGA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zikry - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Zikry. 2016. Studi Komparatif Tentang Tingkat Kemandirian Remaja SMA di Kota Banda Aceh Ditinjau Dari Keutuhan Keluarga. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Abu Bakar, M.Si., (2) Fajriani, S.Pd., M.Ed. Kata kunci: Perbandingan, Tingkat Kemandirian Remaja SMA, Orangtua Utuh, Orangtua Tidak Utuh Kemandirian adalah usaha yang dilakukan oleh seorang individu untuk mengendalikan dan mengatur pikiran, perasaan dan tindakan secara bebas serta berusaha untuk mengatasi perasaan malu dan ragu yang ada pada dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemandirian remaja di Kota Banda Aceh yang memiliki orangtua utuh dan orangtua tidak utuh serta perbandingan kemandirian di kedua kondisi tersebut yang ditelaah dari kemandirian emosi, kemandirian perilaku dan kemandirian nilai. Penelitian ini merupakan penelitian analisis komparasional dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling berimbang (proportional sampling) dengan jumlah sampel remaja yang memiliki orangtua tidak utuh yaitu 126 siswa yang jika dipersenkan sebesar 5,9% dari jumlah populasi dan sampel remaja yang memiliki orangtua tidak utuh juga sama yaitu sebesar 5,9% dari populasi dengan jumlah 126 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuisioner dengan skala 1-5. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa gambaran kemandirian remaja yang memiliki orangtua utuh sebagian besar berada pada kategori sedang. Gambaran kemandirian remaja yang memiliki orangtua tidak utuh sebagian besar berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian dan pengukuran hipotesis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemandirian pada remaja yang memiliki orangtua utuh dan remaja yang memiliki orangtua tidak utuh pada tingkat kepercayaan 5%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan thitung< ttabel yaitu -1,644 < 1,960 maka Ha ditolak karena tidak terdapat perbedaan yang berarti dan signifikan. Oleh karena itu hasil analisis data menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan derajat kebebasan = 125 tidak terdapat perbedaan berarti dan signifikan pada kemandirian remaja SMA yang memiliki orangtua utuh dengan remaja SMA yang memiliki orangtua tidak utuh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN TINGKAT KEMANDIRIAN EMOSIONAL REMAJA DI GAMPONG PANGO RAYA KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH (NORA ANGGRAINI, 2016)

HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN PADA REMAJA AKHIR DI KOTA BANDA ACEH (Andara Gemasih, 2017)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEMANDIRIAN KELUARGA DALAM MERAWAT ANGGOTA KELUARGA YANG MENGALAMI SKIZOFRENIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ALUE IE MIRAH KECAMATAN INDRA MAKMU KABUPATEN ACEH TIMUR ( DEWI HARDIYANTI, 2015)

PENGARUH KONFORMITAS KELOMPOK SEBAYA TERHADAP KEMANDIRIAN REMAJA(SUATU PENELITIAN PADA SISWA DI SMA NEGERI 13 BANDA ACEH) (Fauziah, 2014)

GAMBARAN SIKAP KELUARGA TENTANG PENYALAHGUNAANRNNARKOTIKA PSIKOTROPIKA DAN ZAT ADIKTIF (NAPZA) PADARNREMAJA DI DESA LAMGAPANG KECAMATAN KRUENG BARONARNJAYA KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2014 (Muhammad Fadhil, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.