//

KOMBINASI PROSES KOAGULASI DAN FILTRASI UNTUK MENGHILANGKAN WARNA DAN ZAT PADAT DARI AIR PAYAU

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zahriana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Air payau adalah air yang banyak mengandung berbagai zat serta kadar garam yang tinggi dan campuran antara air tawar dan air laut. Air payau sering terdapat di pesisir pantai dan di dekat kawasan laut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pengaruh dosis koagulan, waktu pengendapan dan mendapatkan pengaruh waktu filtrasi, mendapatkan persen penyisihan pada parameter didalam air payau pada proses koagulasi dan filtrasi serta mendapatkan kondisi yang terbaik dari kedua proses. Analisa parameter yang dilakukan yaitu : Turbiditas, TSS, dan TDS, variabel yang digunakan yaitu jenis koagulan aluminium sulfat sedangkan media filtrasi yang digunakan yaitu pasir silika, pasir, ijuk dan arang. Dosis Aluminium Sulfat yaitu sebesar : 6 gram, 10 gram, dan 14 gram dengan waktu pengendapan 30 menit, 45 menit dan 1 jam. Sedangkan waktu filtrasi yaitu :9 menit, 18 menit dan 28 menit. Hasil penelitian yang di peroleh dosis Aluminium Sulfat dengan waktu pengendapan yang lebih efektif dan lebih baik menurunkan nilai parameter yaitu dosis koagulan 6 gram dan waktu pengendapan selama 60 menit, nilai turbiditas sebesar 4,63 NTU, TSS sebesar 0,352 mg/l dan TDS sebesar 1,745 mg/l. Sedangkan waktu filtrasi yang lebih baik dan lebih efektif menurunkan nilai parameter yaitu 28 menit, nilai Turbiditas yang di hasilkan sebesar 0,41 NTU, TSS sebesar 0,294 dan TDS sebesar 0,73 mg/l. Persen penyisihan yang paling bagus di dapatkan pada proses koagulasi 60 menit dengan dosis koagulan 6 ppm, pada masing-masing parameter yaitu sebesar 74,699%, 4,475 % dan 7,875%. Sedangkan pada proses filtrasi persen penyisihan pada parameter turbidiatas, TSS dan TDS yang paling bagus didapat pada waktu 28 menit yaitu sebesar 97,759 %, 4,141 % dan 6,843%. Kombinasi proses koagulasi yang didapat pada hasil proses koagulan dan penyaringan yang terbaik dan lebih efisien di dapatkan hasil penurunan nilai turbiditas sebesar 0,29 NTU, TSS sebesar 0,116 mg/l, TDS sebesar 0,69 mg/l. Kata Kunci : Air payau, koagulasi, dan filtrasi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMBINASI PROSES KOAGULASI DAN FILTRASI UNTUK MENGHILANGKAN WARNA DAN ZAT PADAT DARI AIR PAYAU (Zahriana, 2017)

KOMBINASI FILTRASI KARBON AKTIF DAN TEKNOLOGI MEMBRAN UNTUK PENYISISHAN KEKERUHAN, TOTAL DISSOLVED SOLID DAN LOGAM FE DARI AIR SUMUR TERCEMAR TSUNAMI (Arif Fadillah, 2017)

VARIASI PADAT PENEBARAN DAN WARNA WADAH TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN RELO (RASBORA SUMATRANA) (Vitra Anjar, 2016)

INKUBASI TELUR IKAN KAKAP PUTIH (LATES CALCARIFER) MENGGUNAKAN SISTEM CORONG DENGAN PADAT TEBAR YANG BERBEDA (RIZKA ULFANI, 2018)

PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI BALAI BUDIDAYA AIR PAYAU UJUNG RNBATEE ACEH BESAR (JAMALUDDIN, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy