//

KAJIAN KINERJA LASTON LAPIS ANTARA (AC-BC) PADA PROYEK PENINGKATAN JALAN MEUNASAH RAYEUK-SAWANG TEUBEE (TAHAP 5)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Trimo Bahari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Jalan adalah infrastruktur yang sangat penting. Jaringan jalan yang baik akan secara efektif mempengaruhi kemajuan ekonomi suatu daerah. Oleh karena itu, dibutuhkan kinerja jalan yang baik secara strutural. Laston adalah salah satu tipe perkerasan aspal yang paling sering digunakan di Indonesia. Pada Penelitian ini, laston yang digunakan yaitu laston lapis antara (AC-BC). Lapisan ini merupakan lapisan perkerasan yang terletak dibawah lapisan aus (Wearing Course) dan di atas lapisan pondasi (Base Course). Lapisan ini tidak berhubungan langsung dengan cuaca, tetapi harus mempunyai ketebalan dan kekauan yang cukup untuk mengurangi tegangan/regangan akibat beban lalu lintas yang akan diteruskan ke lapisan di bawahnya yaitu Base dan Sub Grade (Tanah Dasar). Karakteristik yang terpenting pada campuran ini adalah stabilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mutu dan kualitas dari laston AC-BC (Asphalt Concrete-Binder Course) pada Proyek Peningkatan Jalan Meunasah Rayeuk – Sawang Teubee (Tahap 5) dengan panjang jalan efektif sepanjang 1+400 m. Pada penelitian ini, data sekunder didapatkan dari hasil pengujian Laboraturium PT. Wirataco Mitra Mulia Unit II Desa Gunong Meuh, Aceh Barat. Pengujian yang dilakukan yaitu pemeriksaan sifat fisis agregat, pemeriksaan sifat fisis aspal, pengujian Marshall, pengujian ekstraksi dan pengujian Core Drill. Selanjutnya setelah semua hasil pengujian didapatkan, data tersebut dibandingkan untuk mengetahui apakah hasil dari semua pengujian memenuhi spesifikasi yang telah ditentukan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa semua nilai dari setiap pengujian memenuhi seluruh spesifikasi yang telah ditentukan dan kualitas dari laston AC-BC yang dihasilkanakan sesuai dengan perencanaan. Kata Kunci: Laston AC-BC, Pengujian Marshall, Pengujian Ekstraksi, Pengujian Core Drill

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPHALT CONCRETE - WEARING COURSE (AC-WC) MENGGUNAKAN ABU PASIR ERUPSI GUNUNG BURNI TELONG BENER MERIAH DAN ABU BATU SEBAGAI FILLER (Fajar Ramadhan, 2016)

PENGARUH KUALIFIKASI KONTRAKTOR TERHADAP KUALITAS PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KOTA BANDA ACEH (ZUHRI, 2018)

ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG BERKONTRIBUSI TERHADAP KINERJA RENDAH PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KABUPATEN ACEH JAYA (FERDI HANDAYA, 2014)

KARAKTERISTIK CAMPURAN LASTON AC-WC DENGAN SUBSTITUSI BUTON ROCK ASPHALT (BRA) DAN POLIMER ETHYLENE VINYL ACETATE (EVA) TERHADAP RENDAMAN AIR BERLUMPUR (Nanda Rizka Amalia, 2018)

EVALUASI KONDISI DAN MANAJEMEN LALU LINTAS JALAN MASUK UNIVERSITAS ALMUSLIM (Kumita, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy