//

PENGARUH PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Kamalia Riska - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kamalia, Riska. 2016. Pengaruh Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd (2) Dr. Djufri, M,Si. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Peningkatan Hasil Belajar, Aktivitas Siswa dan Keanekaragaman Hayati Telah dilakukan penelitian tentang “Pengaruh Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati” pada bulan Agustus 2016 di SMA Negeri 1 Terangun Kabupaten Gayo Lues. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati melalui CTL dan (2) untuk mendeskripsikan aktivititas siswa dengan pembelajaran CTL materi keanekaragaman hayati. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, metode eksperimental dengan desain Control Group Pre-test Pos-test. Pengambilan data menggunakan nilai pretest dan postest untuk hasil belajar dan lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar diperoleh thitung = 2,046 dan ttabel =1,670 (thitung ˃ ttabel). Data presentase rata-rata aktivitas siswa menunjukkan aktivitas siswa tergolong cukup baik (baik (68%). Simpulan penelitian ini adalah penerapan CTL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati. Aktivitas siswa dari 9 aspek yang baik adalah mendengar/memperhatikan penjelasan guru, berkerja sama dengan anggota kelompok, mengamati dan mengumpulkan data

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SDN 33 BANDA ACEH (Fatimah Wati, 2014)

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGRNDALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI PENYESUAIAN RNMAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA PADA RNSISWA KELAS V SD NEGERI 56 BANDA ACEH (NURYULIA, 2014)

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA OPERASI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Ida Nursanty, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy