Search :

Advance


PENGARUH VARIASI LAMA PERENDAMAN BETON ASPAL MENGGUNAKAN BAHAN LIMBAH BOTOL PLASTIK PADA ASPAL DAN FILLER BATUBARA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ucha Arief Pratama - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Pertumbuhan jumlah penduduk yang pesat mengakibatkan peningkatan konsumsi sumber daya alam. Hal ini berimplikasi pada timbulnya permasalahan yang disebabkan oleh penggunaan agregat alam yang semakin lama semakin meningkat, terutama dibidang konstruksi bangunan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka sebaiknya memanfaatkan limbah sebagai bahan baku. Limbah yang dapat digunakan adalah limbah plastik dan limbah industri. Jenis limbah plastik pada penelitian ini adalah Polyethylene Terephtalate (PET) dan abu batubara sebagai limbah industri yang mempunyai potensi sangat tinggi untuk digunakan dalam konstruksi jalan raya. Abu batubara dapat dijadikan sebagai mineral filler karena ukuran partikelnya yang sangat halus dan mengandung unsur pozzolan, sehingga berfungsi sebagai bahan pengisi rongga dan pengikat aspal beton. Filler abu batubara didapatkan dari material abu batubara yang lolos saringan No.200 (0,074 mm). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana nilai durabilitas yang terjadi apabila dilakukan penambahan plastik PET dan filler abu batubara terhadap benda uji yang direndam pada suhu 60˚ selama 30 menit, 24 jam, 36 jam dan 48 jam pada campuran aspal penetrasi 60/70. Penambahan potongan PET pada campuran aspal menggunakan cara kering. Nilai Kadar Aspal Optimum (KAO) yang diperoleh pada benda uji yaitu sebesar 5,9%. Selanjutnya dilakukan penambahan PET pada campuran aspal pada nilai KAO tersebut. Kadar PET yang ditambahkan pada campuran yaitu 3% dari berat aspal. Dari hasil pengujian dan analisis Marshall, penambahan PET 3% pada campuran aspal beton lapis pengikat dapat meningkatkan nilai stabilitas. Nilai durabilitas yang memenuhi spesifikasi ≥ 90% yaitu pada rendaman 24 jam sebesar 94,92%, dan rendaman 36 jam sebesar 90,81% sedangkan pada rendaman 48 sebesar 83,25% tidak memenuhi persyaratan. Kata Kunci : Plastik PET 3%, parameter Marshall, abu batubara, variasi rendaman

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN ABU SERABUT KELAPA SEBAGAI FILLER TERHADAP KARAKTERISTIK CAMPURAN BETON ASPAL KOMBINASI LIMBAH PLASTIK PADA ASPAL PEN. 60/70 (Nadia Rayhana Tahtayusmar, 2017)

PENGARUH SUBSTITUSI KOMBINASI LIMBAH PLASTIK PADA ASPAL PEN. 60/70 TERHADAP KINERJA CAMPURAN LASTON LAPIS AUS (AC-WC) (Aprilyani, 2016)

ANALISIS KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPAL BETON AC-WC DENGAN RETONA BLEND 55 DITAMBAH ZAT ADITIF DAN LIMBAH BARUBARA SEBAGAI AGREGAT HALUS (Robby Fineldo Saragih, 2013)

PENGARUH PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK SERTA ABU SEKAM PADI PADA CAMPURAN LASTON LAPIS AUS AC-WC (Kusmira Agustian, 2016)

PENGARUH SUBSTITUSI KOMBINASI LIMBAH PLASTIK PADA ASPAL PEN. 60/70 SERTA PENGGUNAAN ABU CANGKANG KELAPA SAWIT SEBAGAI FILLER TERHADAP KINERJA CAMPURAN LASTON LAPIS AUS (AC-WC) (Roni Agusmaniza, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.