//

KAJIAN SEKITAR AREA TANAH LONGSOR DI LOKASI LHOONG JALAN BANDA ACEH-MEULABOH KABUPATEN ACEH BESAR MENGGUNAKAN PENGUJIAN GESER LANGSUNG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Julianda - Personal Name
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Hujan lebat berkelanjutan lereng dapat menyebabkan terjadi tanah longsor batuan yang terletak di bagian atas dan tengah dapat mengurangi stabilitas lereng. Kelongsoran yang terjadi pada ruas jalan Banda Aceh–Meulaboh tanggal 1 November 2014 yaitu di Km 28+000. Lokasi Lhoong, Kecamatan Lhong, Kabupaten Aceh Besar disebabkan oleh curah hujan yang tinggi. Kelongsoran ini mengikis hampir separuh badan jalan dan jalur transportasi Banda AcehMeulaboh putus total akibat kelongsoran. Berdasarkan permasalahan tersebut sehingga dibutuhkan suatu analisis stabilitas lereng. Tujuan dari analisis stabilitas lereng untuk mengetahui penyebab terjadinya kelongsoran dan mengidentifikasi kekuatan geser terhadap stabilitas lereng. Metode pengukuran dengan mengamati goemetrik kelongsoran, pengukuran dilapangan pada tempat kejadian longsor di laboratorium pengujian sifat-sifat fisis dan kuat geser. Hasil dilapangan menunjukan bidang longsor berbentuk garis lurus dengan kedalaman tanah dangkal. Pengujian sifat-sifat fisis, menghasilkan klasifikasi AASHTO dan USCS dengan jenis tanah lempung organik. Berdasarkan geser langsung menggunakan parameter-parameter kuat geser dan nilai kohesi (c) 8,54 0 kg/cm 2 dan nilai sudut geser (ϕ) 0,48 kg/cm . Kata kunci : Stabilitas lereng, sudut geser (ϕ)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINJAUAN KUAT GESER TANAH LONGSOR PADA RUAS JALAN BANDA ACEH - CALANG KM 31 (Iwan Pajar, 2017)

SURVEI TANAH LONGSOR DI LOKASI LHOONG KABUPATEN ACEH BESAR MENGGUNAKAN KUAT TEKAN SELINDER BEBAS (Rahmad Hidayat, 2017)

SURVEI TANAH LONGSOR DI GUNUNG KULU JALAN BANDA ACEH-CALANG KM 40+020 KABUAPTEN ACEH BESAR MENGGUNAKAN PENGUJIAN GESER LANGSUNG (Abdul Aziz, 2017)

TINJAUAN KUAT GESER TANAH LONGSOR PADA RUAS JALAN BANDA ACEH - CALANG KM 33 (Alvi Mustaqiim, 2017)

KAJIAN TANAH LONGSOR DI GUNUNG PARO KM 34 KABUPATEN ACEH BESAR MENGGUNAKAN PENGUJIAN KUAT TEKAN (SYAHROL, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy