//

ANALISIS PENGARUH PENCAMPURAN LIMBAH KERAMIK TERHADAP NILAI CBR TERENDAM (SOAKED) TANAH LEMPUNG DESA LIMPOK KECAMATAN DARUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ramadhana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tanah lempung tergolong kedalam jenis tanah kohesif karena sangat peka terhadap air. Apabila dalam keadaan kering tanah akan bersifat sangat keras dan kuat, tetapi pada keadaan basah tanah akan mengembang sehingga menyebabkan daya dukung tanah tersebut sangat lemah. salah satu cara untuk memperbaiki sifat tanah lempung merupakan stabilisasi tanah lempung dengan campuran limbah keramik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan limbah keramik terhadap nilai CBR terendam pada tanah lempung dari desa Limpok kecamatan Darussalam kabupaten Aceh Besar. klasifikasi tanah campuran limbah keramik 0%, 5%, 10%, 15% dan 20% menurut klasifikasi AASHTO termasuk golongan A-7-5 (57, 46, 36, 29 dan 20). Menurut USCS pada setiap variasi campuran limbah keramik termasuk kelompok OH dengan indeks plastisitasnya adalah sebesar 42,55 %. Penambahan limbah keramik dilakukan dengan variasi 5%, 10%, 15%, dan 20% dari berat kering tanah. Nilai CBR yang didapatkan untuk tanah asli sebesar 2,86%, untuk variasi 5% sebesar 4,80%, untuk variasi 10% sebesar 5,43%, untuk variasi 15% sebesar 6,36%, untuk variasi 20% sebesar 7,23%. Dari hasil pengujian ini kenaikan terbesar terdapat pada kadar campuran limbah keramik 20%, kenaikannya sebesar 152,80%, sedangkan kadar limbah keramik 5% kenaikan sebesar 67,83%, kadar limbah keramik 10% kenaikan sebesar 89,86%, dan pada kadar limbah keramik 15% kenaikan sebesar 122,38%. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penambahan limbah keramik dapat menyebabkan daya dukung tanah menjadi lebih baik, disamping dapat mengurangi limbah keramik di sekitar kota Banda Aceh. . Kata kunci : Tanah lempung, Limbah keramik, CBR tanpa terendam (soaked)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN CANGKANG KEMIRI TERHADAP NILAI CBR TERENDAM (SOAKED) TANAH LEMPUNG DESA LIMPOK KECAMATAN DARUSSALAM (Wawan Syahputra, 2018)

STABILISASI TANAH LEMPUNG DESA LIMPOK DENGAN ABU JERAMI PADI TERHADAP NILAI CBR TERENDAM (SOAKED) (Hilyatul Ulya, 2018)

ANALISIS PENGARUH PENCAMPURAN LIMBAH KERAMIK TERHADAP NILAI KOEFISIEN PERMEABILITAS TANAH LEMPUNG DESA LIMPOK DARUSSALAM (Miftahul Jannah, 2017)

ANALISIS PENGARUH PENCAMPURAN LIMBAH KERAMIK TERHADAP KEPADATAN TANAH LEMPUNG DESA LIMPOK KECAMATAN DARUSSALAM (Nurul Khairi Humaira, 2017)

ANALISIS PENGARUH PENCAMPURAN LIMBAH KERAMIK TERHADAP NILAI CBR TANPA RENDAMAN (UNSOAKED) TANAH LEMPUNG DESA LIMPOK KECAMATAN DARUSSALAM (RISKA YATI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy