//

ANALISA KEAUSAN MATA PAHAT HSS PADA PROSES MENGGURDI KAYU LAPIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahman Ariansyah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak - Dalam industri furnitur, kayu lapis digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan produk seperti meja, lemari, kursi dan sebagainya. Dalam pembuatannya, proses yang sering digunakan yaitu pemotongan dengan mesin gergaji dan pembuatan lubang dengan mesin gurdi. Namun seringkali dalam pembuatan tidak efisien dikarenakan terjadi kecacatan pada mata pahatnya. Untuk itu perlu dianalisa kecacatan pada mata pahat agar mendapatkan hasil yang efisien. Dari kasus tersebut muncullah ide untuk melakukan penelitian tentang analisa mata pahat HSS pada proses gurdi. Penelitian ini menggunakan mesin CNC agma A-8 untuk menggurdi kayu lapis dan mikroskop optik GX-71 untuk melihat keausan pada mata pahat HSS. penggurdian dilakukan dengan 9 mata pahat HSS dan setiap 10 lubang dilakukan pengambilan data dalam satu mata pahat. Kecepatan spindel 1000, 3000, dan 5000 rpm serta kecepatan pemakanan 75, 150, dan 225 mm/min digunakan sebagai parameter pada penelitian ini. Hasil yang didapatkan sebesar 0.08738 mikron sebagai keausan terendah pada lubang ke 60 dengan kecepatan spindel 1000 rpm dan kecepatan pemakanan 75mm/min, sedangkan keausan tertinggi sebesar 0.21238 mikron pada lubang ke 60 dengan kecepatan spindel 3000 rpm dan kecepatan pemakanan 75mm/min. Kata kunci : Kayu Lapis/Multiplek, Mata Pahat HSS, Proses Gurdi, Dan Keausan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KEAUSAN MATA PAHAT TERHADAP GETARAN PADA MESIN BUBUT KNUTH COMPASS 250/1000B (amar zainun irawan, 2015)

ANALISA KEAUSAN TEPI PAHAT POTONG HSS-CO5 END MILL VARIASI KEDALAMAN POTONG DENGAN MATERIAL BAJA KARBON SEDANG (anang zazu setyas, 2015)

ANALISA KEAUSAN TEPI PAHAT POTONG FLATTENED END MILL COATED CARBIDES DENGAN VARIASI KECEPATAN POTONG MENGGUNAKAN BENDA KERJA BAJA KARBON SEDANG (Ari Ramadhan, 2015)

PENGARUH LAJU ALIRAN CAIRAN PENDINGIN BERTEKANAN TINGGI TERHADAP KEAUSAN TEPI PAHAT PADA PROSES BUBUT (azwar maulana, 2013)

ANALISIS KEBISINGAN PADA PEMBUATAN LUBANG(HOLE) MENGGUNAKAN MESIN CNC AGMA A8 (Sahlul Mahfud Prasojo, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.