Search :

Advance


MORFOMETRIK DAN HUBUNGAN PANJANG BERAT IKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI DANAU ANEUK LAOT KOTA SABANG

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Auliyanisa Khayra - Personal Name
Subyek FISHES
FISHING - COMMERCIAL TECHNOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Auliyanisa Khayra. Morfometrik dan Hubungan Panjang Berat Ikan Hasil Tangkapan Nelayan di Danau Aneuk Laot Kota Sabang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Muchlisin, Z.A. S, Pi., M.Sc., (2) Prof. Dr. M. Ali S., M.Si ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kekerabatan ikan hasil tangkapan nelayan berdasarkan morfometrik, untuk mengetahui pola pertumbuhan dan faktor kondisi ikan hasil tangkapan. Tempat penelitian di Danau Aneuk Laot Kota Sabang Kecamatan Sukakarya Kota Sabang. Waktu penelitian dilaksanakan dari Desember 2015 sampai Januari 2016. Metode yang digunakan yaitu metode survey. Ikan sampel terdiri dari ikan nila (Oreochromis niloticus), ikan mujair (Oreochromis mossambicus), ikan sepat (Trichogaster pectoralis), ikan gurami (Osphronemus gourami) dan ikan gabus (Channa striata). Ikan sampel diperoleh dengan menggunakan alat tangkap jaring. Kekerabatan ikan sampel dianalisis dengan teknik tradisional morfometrik dan truss network morfometrik, sedangkan pola pertumbuhan dengan Linear Allometrik Model (LAM) dan faktor kondisi yang dianalisis adalah faktor kondisi berat relatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kekerabatan yang dekat antara ikan nila (Oreochromis niloticus) dan ikan mujair (Oreochromis mossambicus), serta ikan sepat (Trichogaster pectoralis) dan ikan gurami (Osphronemus gourami), sedangkan dengan ikan gabus memiliki kekerabatan yang jauh dengan keempat ikan sampel tersebut. Hasil analisis dari panjang berat dan faktor kondisi berat relatif menunjukkan antara ikan jantan dan betina relatif sama, sedangkan pola pertumbuhan untuk ikan nila (Oreochromis niloticus) dan ikan mujair (Oreochromis mossambicus) b=3 menunjukkan pola pertumbuhan isometrik, sedangkan sampel ikan lainnya b

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI MORFOMETRIK DAN HUBUNGAN PANJANG BERAT DAN FAKTOR KONDISI FAMILI SERRANIDAE DI KAWASAN PERAIRAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Afriani Ramadhani, 2017)

PERANAN PANGLIMA LAOT LHOK DALAM KEGIATAN PERIKANAN MASYARAKAT NELAYAN DI KECAMATAN TRUMON KABUPATEN ACEH SELATAN (Syiha Bunardi, 2014)

POLA OPERASI SISTEM DISTRIBUSI DI PT.PLN (PERSERO) RAYON SABANG (Khairul Husni, 2017)

HUBUNGAN PANJANG - BERAT DAN MORFOMETRIK IKAN JULUNG-JULUNG (ZENARCHOPTERUS DISPAR) YANG TERTANGKAP DI PERAIRAN PANTAI UTARA ACEH (Rahmat Fadhil, 2016)

FAKTOR KONDISI DAN HUBUNGAN PANJANG BERAT IKAN DOMINAN TERTANGKAP DI SEKITAR PERAIRAN UJUNG PANCU MENGGUNAKAN ALAT TANGKAP PUKATPANTAI (VERA FRANCISKA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.