Search :

Advance


PENGGUNAAN MOMENT AFFINE UNTUK KARAKTERISASI HURUF JAWI CETAK

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Laila Nujmi Burhan - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Tulisan-tulisan kuno dalam bahasa Jawi merupakan peninggalan manuskrip kuno yang terdapat di Asia tenggara khususnya Indonesia. Peninggalan tersebut hanya sedikit yang tersimpan dalam bentuk teks digital.Untuk mengubahcitra digital ke dalam bentuk teks digital diperlukan beberapa tahapan, salah satunya adalah metode ekstraksi fitur menggunakan moment affine. Penelitian inimembahas dan mengevaluasi penggunaan moment affine sebagai fitur pada pengenalan karakter. Adapun metode yang digunakan untuk mengenali karakter Jawi tersebut adalah dengan menghitung setiap nilai moment dari setiap karakter dengan menggunakan enam persamaan moment affine. Nilai yang didapat dari perhitungan tersebut akan dikombinasikan untuk mendapatkan sebuah fitur menggunakan skema akar pohon. Dengan mengkombinasikan keenam nilai yang didapat dari setiap karakter akan menghasilkan kombinasi untuk pengenalan karakter Jawi dengan tingkat pengenalan karakter mencapai 100 % untuk 127 karakter Jawi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MOMENT AFFINE UNTUK KARAKTERISASI HURUF JAWI CETAK (Laila Nujmi Burhan, 2017)

PENGGUNAAN FITUR MOMEN ZERNIKE UNTUK PENGENALAN KARAKTER JAWI CETAK (Hardian Saputra, 2017)

PENGGUNAAN FITUR MOMENT INVARIANT UNTUK PENGENALAN KARAKTER ARAB DAN LATIN (Abdul Haris Munandar, 2014)

KEMAMPUAN SISWA KELAS XI MAN RUKOH BANDA ACEH DALAM MENULIS KRITIK TERHADAP INFORMASI DARI MEDIA CETAK PROHABA (Hidayati, 2017)

PENGENALAN KARAKTER TULISAN TANGAN JAWI MENGGUNAKAN METODE EKSTRAKSI FITUR ROTATION, SCALING AND SHIFTING INVARIANT-RELATIVE CONTEXT (RSSI-RC) DAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) (Rizal Fikri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.