Search :

Advance


HUBUNGAN MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS VII SMP ISLAM BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eri Suriyanti - Personal Name
Subyek EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
READING COMPREHENSION
VOCABULARY
Bahasa Indonesia
Fakultas program studi magister pendidikan bahasa dan sastra indonesia
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Suriyanti, Eri. 2016. “Hubungan Minat Baca dan Penguasaan Kosakata dengan Pemahaman Membaca Siswa Kelas VII SMP Islam Banda Aceh”. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Pembimbing (1) Dr. Rajab Bahry, M.Pd (2) Dr. Ramli, M.Pd. Penelitian ini berjudul “Hubungan Minat Baca dan Penguasaan Kosakata dengan Pemahaman Membaca Siswa Kelas VII SMP Islam Banda Aceh”. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah hubungan minat baca dan penguasaan kosakata dengan pemahaman membaca siswa kelas VII SMP Islam Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan minat baca dan penguasaan kosakata dengan pemahaman membaca siswa kelas VII SMP Islam Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Islam Banda Aceh Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 60 orang. Penelitian ini terdapat dua variabel yang diteliti, yaitu varibel bebas atau independen dan variabel terikat atau dependen. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data dari dua sumber yakni data nilai angket minat baca dan tes penguasaan kosakata. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan minat baca dan penguasaan kosakata dengan pemahaman membaca siswa kelas VII SMP Islam Banda Aceh. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik regresi dan korelasi. Analisis dilakukan dengan pendekatan Statistical Product and Service Solution (SSPS). Hasil penelitian, diketahuinilai r hitung adalah 0,767 sedangkan r tabel adalah 0,589 pada taraf signifikasi 5%. Dengan demikian, hipotesis nol (H0) dinyatakan ditolak, sedangkan hipotesis penelitian (H1) dinyatakan diterima, artinya bahwa terdapat korelasi yang positif antara minat baca dan penguasaan kosakata dalam meningkatkan pemahaman membaca. Minat baca siswa kelas VII SMP Islam Banda Aceh memiliki rata-rata yang tinggi. Pemerolehan kosakata siswa kelas VII SMP Islam Banda Aceh memiliki rata-rata yang cukup tinggi Kemampuan membaca pemahamannya juga dapat dikatakan mencapai pada taraf rata-rata yang tinggi. Katakunci: minat baca, penguasaan kosakata, pemahaman membaca

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KORELASI ANTARA MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 TANAH JAMBO AYE (Nanda Roshita, 2017)

HUBUNGAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH (julianda saputra, 2013)

AN ANALYSIS OF STUDENTS' DIFFICULTIES IN READING COMPREHENSION (Rizka Puji Lestari S, 2017)

THE USE OF THREE MINUTE PAUSE STRATEGY TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN RECOUNT TEXT (AN EXPERIMENTAL RESEARCH AT SMAN 8 BANDA ACEH) (Shafura, 2017)

THE APPLICATION OF MULTIPASS STRATEGY TO TEACH READING COMPREHENSION ON DESCRIPTIVE TEXT (dini sri ninta, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.