Search :

Advance


STUDI EKSPERIMENTAL DAN PENYELESAIAN SECARA NUMERIK PADA PENGARUH PANJANG LALUAN TUBE TERHADAP UNJUK KERJA ALAT PENUKAR KALOR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yufandi Azis - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Alat penukar kalor merupakan suatu peralatan dimana terjadinya perpindahan panas dari suatu fluida yang suhunya lebih tinggi ke suatu fluida yang suhunya lebih rendah. Sebuah alat penukar kalor sangat penting peranan dalam sebuah media pendingin atau media pemanas di dalam mesin termal. Dimana suatu alat penukar kalor dengan koefisien perpindahan panas yang tinggi sangat dibutuhkan untuk menjaga performance dalam mendukung kinerja mesin termal. Di dalam penelitian ini, akan dicoba meneliti tentang pengaruh panjang laluan fluida dan jumlah banyak belokan pada alat penukar kalor tube terhadap distribusi temperatur dan intensitas turbulensi dan kondisi aliran fluida didalam tube pada alat penukar kalor. Untuk mencari bagaimana proses distribusi temperatur dan intensitas turbulensi, pada kondisi aliran fluida didalam tube tersebut menggunakan Software simulasi Fluent. Simulasi diawali dengan proses pembuatan geometri 3D dan dengan kondisi batas yang telah ditetapkan pada software simulasi fluent. Dengan data input temperatur fluida 60oC, 70oC, 80oC, dan kecepatan fluida 2.2 m/s dan alat penukar kalor dengan jumlah belokan yang berbeda yaitu 12, 24, 48 belokan pada tube. Dari hasil simulasi fluent ansys, Penurunan temperatur paling tinggi adalah pada alat penukar kalor tube 48 belokan tajam pada temperatur 60oC penurunan temperatur sebesar 4,4oC, pada temperatur 70oC penurunan temperatur sebesar 4,8oC, pada temperatur 80oC penurunan temperatur sebesar 5,2oC. dan nilai intensitas turbulensi paling tinggi adalah pada alat penukar kalor tube 48 belokan tajam, pada temperatur 60oC, 80oC nilai intensitas paling tertinggi sebesar 30,2%. Hasil yang telah di simulasi terbukti dengan banyaknya jumlah belokan pada alat penukar kalor tube dapat mempengaruhi nilai distribusi temperatur dan nilai intensitas turbulensi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJI EXPERIMENTAL UNJUK KERJA HEAT EXCHANGER DOUBLE PIPE (jumadi, 2013)

ANALISIS KARAKTERISTIK PERPINDAHAN PANAS TERHADAP TUBE BANKS PADA ECONOMIZER PACKAGE BOILER MACCHI TITAN M PT PIM-2 MENGGUNAKAN METODE NUMERIK (Mohd Qobar, 2017)

KAJIAN EKSPERIMENTAL PERPINDAHAN PANAS BEES WAX SEBAGAI MATERIAL PENYIMPAN PANAS (Zulfan, 2014)

SIMULASI PENGENDALIAN PENYEBARAN VIRUS HIV MELALUI PENDEKATAN ANALITIK DAN NUMERIK (MIKSALMINA, 2015)

SIMULASI KEMACETAN KENDARAAN SAAT EVAKUASI BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI DI BANDA ACEH (STUDI KASUS DI JEMBATAN LAMNYONG DENGAN PEMODELAN MATEMATIKA DAN SIMULASI NUMERIK) (Fathul Fithrah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.