Search :

Advance


GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKAT KANKINERJA GURU DI GUGUS VII KECAMATAN SULTAN DAULAT KOTA SUBULUSSALAM

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Erwan - Personal Name
Subyek TEACHER PERFORMANCE
PRINCIPALS (SCHOOL) - ROLE AND FUNCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SD DI GUGUS VII KECAMATAN SULTAN DAULAT KOTA SUBULUSSALAM Oleh: Erwan NIM: 1409200050013 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd. 2. Dr. Bahrun, M. Pd. ABSTRAK Gaya kepemimpinan adalah sikap atau prilaku yang diterapkan pemimpin sekolah dalam melaksanakan tugas kepemimpinannya, tergantung pada situasi dan kondisi yang dipergunakan seseorang pada saat orang tersebut mencoba mempengaruhi orang lain. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah, meliputi: disiplin; kemampuan dan tanggungjawab guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui: wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru-guru dan pengawas sekolah di Gugus VII dalam Kecamatan Sultan Daulat. Hasil penelitian ditemukan: (1) Gaya kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin guru yaitu dengan gaya memberitahukan (telling) guru terhadap tugas-tugas yang harus dikerjakannya. Kepala sekolah juga menerapkan gaya partisipasif, di mana kepala sekolah mengajak guru untuk disiplin dengan menjadi teladan di lingkungan sekolah dengan cara datang lebih awal agar dapat dicontoh oleh siswa; (2) Gaya kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan mengajar guru adalah gaya partisipasi dengan membuka forum diskusi disetiap kesempatan untuk mencari solusi. Kepala sekolah juga menerapkan gaya konsultatif untuk mengarahkan guru dalam meningkatkan kemampuan kerjanya baik dalam pembelajaran maupun dalam menyusun administrasi sekolah; dan (3) Gaya kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan tanggung jawab mengajar guru adalah dengan gaya delegatif dengan mengarahkan guru untuk menyusun program sekolah, mengatasi permasalahan secara mandiri dan memutuskan solusi yang terbaik untuk kepentingan pendidikan. Kepala sekolah juga menerapkan pendekatan persuasif untuk membina dan memotivasi guru agar mempunyai andil dan tanggungjawab dalam proses pengambilan keputusan. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Kepala Sekolah, dan Kinerja Guru

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MOTIVASI GURU DALAM MENGAJAR PENJASSD NEGERI KECAMATAN SULTAN DAULAT RNKOTA SUBULUSSALAM (Marzuki, 2015)

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM RNMENINGKATKAN KINERJA GURU PADA RNSD NEGERI LAMBARO ANGAN (SITI NURBAYA M. ALI, 2014)

MOTIVASI BELAJAR PENJASORKES SISWA SMA NEGERI 1 SULTAN DAULAT KOTA SUBULUSSALAM (Husaini, 2015)

HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS 24 ACEH BESAR (Desy Yusanti, 2016)

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM RNMENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD NEGERI 7 RNMUARA DUA LHOKSUEMAWE (ZURYATI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.