Search :

Advance


KENDALA GURU DALAM MENERAPKAN PENILAIAN PADA PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 22 BANDA ACEH.

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dian Julianti - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Julianti, Dian.2017.Kendala Guru Dalam Menerapkan Penilaian Pada Proses Pembelajaran Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SD Negeri 22 Banda Aceh.Skripsi, JurusanPendidikan Guru SekolahDasar, FakultasKeguruan Dan IlmuPendidikan, UniversitasSyiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs.M. Husin Affan, M.Pd (2) Drs. Adnan, M.Pd KataKunci: Kendala guru pada penilaian, Proses Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Penilaian menjadi penekanan yang serius terhadap guru yang melaksanakan pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini berupaya mengungkapkan ragam kendala guru dalam menerapkan penilaian pada proses pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 di SD Negeri 22 Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala guru dalam menerapkan penilaian pada proses pembelajaran tematik kurikulum 2013 di SD Negeri 22 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 18 orang guru kelas yang menerapkan kurikulum 2013 di SD Negeri 22 Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket dan wawancara. Sedangkan teknik pengolahan data yaitu dengan menggunakan rumus statistik sederhana yaitu deskriptif persentase. Dari hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, menunjukkan bahwa terdapat beberapa kendala dalam penerapan kurikulum 2013 yaitu pada masalah penilaian pada kurikulum 2013. Lebih dari setengah (50%) atau 9 orang guru jarang memberikan penilaian sikap kepada peserta didik berdasarkan kurikulum 2013.Sebagian kecil (22.2%) atau 4 orang guru jarang memberikan penilaian pengetahuan. Kurang dari setengah (44.5%) atau 8 orang guru jarang melaksanakan penilaian ketrampilan. Lebih dari setengah (55.6%) atau 10 orang guru belum melaksanakan penilaian sesuai dengan rubrik penilaian. Simpulan penelitian ini adalah terdapat beberapa kendala dalam menerapkan penilaian pada proses pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 di SD Negeri 22 Banda Aceh yaitu masalah pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 dan pada penilaian sikap, penilaian ketrampilan, penilaian rubrik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI GUGUS BUNGONG MEULUE BANDA ACEH (Nur Ismianti, 2014)

PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD GUGUS MARKISA KOTA BANDA ACEH (Nurmutiya, 2017)

KENDALA GURU MATEMATIKA TERHADAP PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI KOTA MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (FATMA ELIZA NASUTION, 2015)

KENDALA GURU DALAM MEMBERIKAN PENILAIAN TERHADAP SIKAP SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 14 BANDA ACEH (Yuni Zuhera, 2016)

KESIAPAN GURU KELAS TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PROSES PEMBELAJARAN DI SDN 14 BANDA ACEHKECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH (SUCI NAZIRAH, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.