Search :

Advance


PENGEMBANGAN POP-UP BOOK PADA MATERI PERAN LARUTAN PENYANGGA DALAM TUBUH MAKHLUK HIDUP UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Azzah Ulya - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ulya, A. 2016. Pengembangan Pop-Up Book pada Materi Peran Larutan Penyangga dalam Tubuh Makhluk Hidup untuk Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Banda Aceh Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Sri Adelila Sari, M.Si. (2) Dra. Erlidawati, M.Si. Kata Kunci: Pop-Up Book, Larutan Penyangga Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan pop-up book pada materi peran larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup untuk peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Banda Aceh tahun ajaran 2015/2016, (2) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pop-up book materi peran larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup, dan (3) mendeskripsikan respon guru terhadap pop-up book materi peran larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup. Metode penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R & D) dengan model ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementasi dan Evaluation). Tahap analisis dilakukan dengan cara membagikan angket analisis kebutuhan kepada 26 peserta didik kelas XII MIA 4 sebelum melakukan penelitian. Tahap perancangan meliputi kegiatan perumusaan butir materi, penentuan desain media (tema, warna dan gambar) dan pembuatan blue-print pop-up book yang akan divalidasi. Pada tahap pengembangan, pop-up book dikembangkan sesuai dengan arahan validator. Hasil validasi pop-up book memperoleh rata-rata persentase kelayakan sebesar 94,047% dengan kategori sangat layak. Pada tahapan implementasi dilakukannya proses pembelajaran menggunakan pop-up book yang telah dikembangkan untuk mengetahui respon peserta didik dan guru terhadap pop-up book. Persentase hasil respon peserta didik yang diperoleh mencapai 92,07% dan persentase hasil respon guru kimia sebesar 80%. Pada tahap evaluasi dilakukan penentuan keberhasilan pengembangan pop-up book menggunakan model ADDIE. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan pop-up book, respon peserta didik dan guru diketahui bahwa pop-up book telah berhasil dikembangkan dengan kategori sangat layak. Peserta didik dan guru SMA Negeri 3 Banda Aceh memberikan respon sangat setuju bahwa pop-up book yang telah dikembangkan dapat diterima sebagai salah satu alternatif media pembelajaran pada materi peran larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup. iii

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHINGPADA MATERI LARUTAN PENYANGGADI KELAS XI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Gita Annisa Desiana, 2017)

KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUM SUBTEMA 1 KELAS IV SD NEGERI 51 BANDA ACEH. (Warzatun Riza, 2017)

PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI HUKUM LAVOISIER KELAS X MIPA SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Evi Tri Octari, 2015)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS SQ3R DAN WEB PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAS JEUMALA AMAL LUENG PUTU PIDIE JAYA (Havea Juliar Apko, 2017)

PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH (RIZQA AFDHILA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.