Search :

Advance


PERAN GURU DALAM MEMBINA PERILAKU HIDUP SEHAT SISWA MELALUI USAHA KESEHATAN SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hendra Resmana - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hendra Resmana. 2016, Peran Guru dalam Membina Perilaku Hidup Sehat Siswa Melalui Usaha Kesehatan Sekolah di SMA Negeri 1 Banda Aceh, Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Drs. Nuzuli, M.S., (2) Drs. Muhammad Jafar, M.Pd Kata kunci : peran guru, perilaku hidup sehat, UKS Perilaku hidup sehat adalah perilaku-perilaku atau kegiatan yang berkaitan dengan upaya mempertahankan dan meningkatkan kesehatan. Penelitian ini berupaya mengungkapkan bagaimanakah peran guru dalam membina perilaku hidup sehat siswa melalui UKS di SMA Negeri 1 Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam membina perilaku hidup sehat siswa melalui UKS di SMA Negeri 1 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dalam bentuk penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMA Negeri 1 Banda Aceh Aceh yang berjumlah 52 (lima puluh dua) orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 8 (delapan) orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pengamatan (observasi) dan angket untuk mengetahui peran guru dalam membina perilaku hidup sehat siswa melalui UKS. Berdasarkan analisa data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: pertama, dari beberapa usaha kesehatan sekolah sudah berjalan dengan semestinya, hal ini dapat dilihat dari perlengkapan UKS yang sudah memadai dan kedua, program UKS yang diterapkan oleh sekolah dilakukan oleh petugas kesehatan sedangkan untuk perlengkapan UKS di sekolah sudah memadai apabila ada siswa yang mengalami sakit maupun kecelakaan ringan di sekolah. Simpulan dalam penelitian bahwa peran guru dalam membina perilaku hidup sehat siswa melalui UKS di SMA Negeri 1 Banda Aceh berjumlah 676 terletak pada daerah yang mendekati kategori setuju dengan memperoleh persentase hasil angket penelitian yang diperoleh dari pengolahan data sebesar 84,5% yang dikategorikan baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN GURU DALAM MEMBINA PERILAKU HIDUP SEHAT SISWA MELALUI UKS DI SD NEGERI 29 BANDA ACEH (Fitria Kartika, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA MURID SD NEGERI 70 BANDA ACEH (Andi Fri Nanda, 2016)

KEBERHASILAN PROGRAM USAHA KESEHATAN GIGI SEKOLAH (UKGS) DITINJAU DARI PERAN GURU DAN PERILAKU MURID SDN 54 TAHIJA BANDA ACEH (Novria Dessy, 2014)

HUBUNGAN PERILAKU HIDUP SEHAT DENGAN STATUS KESEHATAN SISWA DI SMA N 1 KOTA BANDA ACEH TAHUN 2015 (Herry Yanto, 2017)

GAMBARAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI 54 KOTA BANDA ACEH TAHUN 2013 (siska windasari, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.