Search :

Advance


PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN MAKAH-MAKAH DI TK IT AL-AZHAR BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Gracia Mandira - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mandira, Gracia. 2016. (Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak usia 5-6 tahun Melalui Permainan Makah-makah di TK IT Al-Azhar Banda Aceh). Skripsi, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M. Yusuf Aziz, M.Pd. (2) Dewi Fitriani, S. Ag, M.Ed. Kata kunci:Pengembangan, kecerdasan interpersonal, permainan Makah-makah Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pengembangan kecerdasan interpersonal anakusia 5-6 tahun di TK IT Al-Azhar melalui permainan Makah-makah. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian berjumlah 22 orang anak yang terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 14 orang anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan desain metode campuran eksplanatori yaitu data kuantitatif digunakan untuk memberikan penjelasan umum dari masalah penelitian, sedangkan data kualitatif digunakan untuk analisis lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan Makah-makah mampu mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK IT Al-Azhar Banda Aceh ditandai dengan perkembangan siklus I dan siklus II. Siklus I menunjukan tingkatan yang baik, namun pada indikator 3 yaitu anak dapat menjadi pemimpin dan bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri maupun kelompok, tidak tercapai karena tidak cukupnya waktu pada kegiatan inti. Pada kegiatan siklus II, anak sudah mencapai indikator menunjukkan kekompakan dengan anggota regu sehingga pengembangan kecerdasan interpersonal berkembang sesuai harapan. Permainan Makah-makah paling dominan dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak terletak pada saat setiap regu menentukan ketuanya masing-masing dan pada saat regu lawan berdiskusi menebak batu dengan cara menerka-nerka ekspresi dan gerak-gerik regu yang ditebak. Permainan Makah-makah disarankan untuk diterapkan pada pembelajaran di PAUD karena bukan hanya mengembangkan kecerdasan interpersonal, penerapan permainan ini juga sarana dalam melestarikan permainan tradisional yang mulai hilang dimasyarakat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN SAINS DI TK IT AL-MADANI SIMEULUE (Vika Ayunita, 2016)

PENGEMBANGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK MELALUI KREATIVITAS PENCAMPURAN WARNA PADA TK IT AL-AZHAR BANDA ACEH (NOVITA FANNY, 2016)

PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG TEMPURUNG KELAPA DI PAUD MADANI GAMPONG ATEUK JAWO KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH (Desi Lestari, 2016)

POLA PENGASUHAN ANAK DALAM KELUARGA DAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI (Siti Khatijah, 2016)

PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI (STUDI PADA IBU RUMAH TANGGA DI DESA LEU UE KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR) (Nurhafifah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.