Search :

Advance


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY CTSTS) PAD A MATERISEGIEMPAT DIKELAS VII SMP NEGERI1 DARUSSALAM TAHUN A JARAN 2015

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nailul Umrati - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, Hasil Belajar, Segiempat Pengunaan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar menjadi faktor penting untuk mencapai ketuntasan belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang mengembangkan cara belajar siswa aktif adalah model pembelajaran Kooperatif tipe TSTS. Dengan menerapkan model pembelajaran ini diharapakn hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika mengalami peningkatan dan semua siswa tuntas dalam semua mata pelajaran dan materi khususnya matematika pada materi segiempat. Segiempat merupakan salah satu materi yang dipelajari di SMP dan menjadi materi yang diikut sertakan pada ujian nasional. Selain itu materi Segiempat juga dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dan perkembangan kemampuan siswa pada materi Segiempat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe TSTS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan pre-eksperimen jenis Pre-test dan Post-test group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam, sedangkan sampel diambil satu kelas secara acak dan terpilih yaitu kelas VII3 dari 4 kelas yang ada dengan menerapkan model pembelajaran kooperatis tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t satu pihak (uji pihak kanan) dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = 24, dengan mula-mula menguji normalitas data, dari hasil perhitungan didapat X2hitung ˂ X2tabel, yakni 1.79 ˂ 5.99 data berdistribusi normal sehingga uji-t bisa dilakukan. Hasil yang diperoleh adalah t_hitung>t_tabel yakni 6.36 > 1.71 dengan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS hasil belajar siswa dapat mencapai ketuntasan pada materi segiempat di kelas VII3 SMP Negeri 1 Darussalam dan ada perkembangan kemampuan siswa di setiap pertemuannya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG DI KELAS V SD NEGERI 02 BANDA ACEH (Zaliani, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DINAMIKA PARTIKEL KELAS X-IPA 3 DI MAN DARUSSALAM (Lia Ariyani, 2017)

PEMBELAJARAN STATISTIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DI KELAS XI SMK-SMTI NEGERI BANDA ACEH (Syarifah Raudhatun Nisak, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (REMI ANDROKA, 2013)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IA DI MAN RUKOH BANDA ACEH (NANDA ELFINA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.