Search :

Advance


PENERAPAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR DI SMAN 5 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desi Loviana - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Loviana, Desi. 2016. Penerapan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMAN 5 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dra. Nur Janah, Psikolog, MM., (2) Fajriani, S.Pd, M.Ed Kata kunci: self management, kedisiplinan belajar Kedisiplinan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan individu. Dengan adanya kedisiplinan maka seorang individu mampu berperilaku sesuai dengan yang diharapkan dan mampu mengaktualisasikan dirinya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kedisiplinan belajar siswa SMAN 5 Banda Aceh sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik self management serta untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kedisiplinan belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan teknik self management. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan bentuk pra-experiment, one groub pre-post test design. Penarikan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah sampel 10 orang dari 30 siswa yang diduga memiliki tingkat kedisiplinan belajar rendah. Pengumpulan data menggunakan angket kedisiplinan belajar dengan skala 1-4. Data penelitian dianalisis dengan uji paired sample sign test. Hasil analisis menunjukkan tingkat kedisiplinan belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah diberikan teknik self management sebanyak 10 kali pertemuan, dengan mean pre-post test 150,7>147,5 yaitu dari kategori rendah ke kategori tinggi, dengan perubahan positif (+) atau disebut juga dengan X sebanyak 10. Dengan melihat tabel binominal n=10 dan p=0,5, probabilitas untuk X ≥ 10 adalah 0.001. Maka dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa 0.001 lebih kecil dari 0,05 maka pengujian hipotesis dalam penelitian ini (Ha) diterima. Dengan demikian maka berarti teknik self management dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa pada taraf signifikan 0,05.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 10 BANDA ACEH (desy wahyuni, 2016)

PENERAPAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA SD NEGERI 08 BANDA ACEH (Rahmi Zulyana, 2017)

HUBUNGAN KEDISIPLINAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TRUMON RNKABUPATEN ACEH SELATAN (edi masrizal, 2014)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMAN 4 BANDA ACEH (Dhiyauddin, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERI POKOK PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS XI SMAN 8 BANDA ACEH (sabanar, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.