//

PERANAN PALANG MERAH REMAJA (PMR) DALAM PEMBINAAN SIKAP KEMANUSIAAN SISWA (STUDI DESKRIPTIF PALANG MERAH REMAJA SEKOLAH MENENGAH ATAS/SEDERAJAT DI KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ihsan Nova - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pembinaan sikap kemanusiaan seharusnya dilakukan sedini mungkin, yaitu dimulai dari sekolah yang melahirkan penerus kehidupan bermasyarakat. Di Sekolah Menengah Atas/sederajat terdapat program ekstrakurikuler yang bergerak dalam bidang kemanusiaan yaitu Palang Merah Remaja (PMR). Penelitian ini berupaya mengangkat peranan PMR pembinaan sikap kemanusiaan siswa SMA/sederajat di Kota Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan, kegiatan, serta hambatan dan solusi pelaksanaan peranan PMR dalam pembinaan sikap kemanusiaan siswa SMA/sederajat di Kota Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina PMR Ketua PMR, dan Sekretaris PMR yang berasal dari tiga sekolah yang di antaranya adalah SMA Negeri 4 Banda Aceh, MA Negeri Model Banda Aceh, dan SMK Negeri 1 Banda Aceh. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peranan PMR dalam pembinaan sikap kemanusiaan siswa SMA/sederajat di Kota Banda Aceh diimplementasikan dalam setiap tugas PMR yang dilaksanakan dalam bentuk kegiatan. Tugas yang dilaksanakan didasari oleh visi, misi, dan tujuan PMR yang bertujuan dalam pelaksanaan tugas-tugas kemanusiaan. Peranan PMR sudah terlaksana dan semakin membaik, hal ini dapat dilihat dari semakin perdulinya siswa terhadap sesama. Kegiatan yang berkaitan langsung dengan pembinaan sikap kemanusiaan siswa antara lain adalah pelaksanaan piket kesehatan pada upacara bendera hari Senin, donor darah, simulasi siaga bencana, dan santunan panti asuhan yang melibatkan seluruh siswa di sekolah. Bantuan dalam pelaksanaan peranan PMR berasal dari sekolah dan pihak luar sekolah berupa pendanaan dan fasilitas penunjang kegiatan. Hambatan yang dijumpai PMR dalam menjalankan perannya antara lain kurangnya pendanaan dan pengalaman. Namun hal tersebut tidak berpengaruh besar dalam pelaksanaan peranan PMR.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN PERILAKU MEROKOK REMAJA PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BANDA ACEH (wiwin haryati, 2015)

SIKAP TERHADAP PERDAMAIAN PADA REMAJA DITINJAU DARI KEIKUTSERTAAN PADA ORGANISASI PRAMUKA DI KOTA BANDA ACEH (Zakiatan Munira, 2016)

PERBEDAAN SIKAP TERHADAP PERILAKU SEKS BEBAS ANTARA SISWA SMA DAN SANTRI PASANTREN DI KOTA BANDA ACEH (Oky Padang Sentosa, 2014)

HUBUNGAN ANTARA BULLYING DENGAN KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI BANDA ACEH (FIRSTA FAIZAH, 2016)

HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA SEKOLAH MENENGAH TINGKAT ATAS DI BANDA ACEH (Nuzul Mela Lestari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.