Search :

Advance


PENGARUH SELF MANAGEMENT TERHADAP PRILAKU DIET PENDERITADIABETES MELLITUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syarifa Atika - Personal Name
Subyek DIABETES MELLITUS - MEDICINE
DIET - HEALTH
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Keperawatan Unsyiah
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

PENGARUH SELF MANAGEMENT TERHADAP PRILAKU DIET PENDERITA DIABETES MELLITUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM ACEH BESAR OLEH SYARIFA ATIKA NIM.1209200180011 Komisi pembimbing Dr. Drs Mudatsir , M.Kes Dr. dr. Endang Mutiawati R, Sp. S ABSTRAK Diabetes mellitus menjadi masalah global dengan kejadian penyakit yang terus meningkat. hal ini perlu penanganan yang baik agar tidak terjadi komplikasi. Self management merupakan suatu metode yang dapat digunakan untuk mengontrol perilaku DM, yang bermamfaat untuk mengolah kesehatan dan kesejahteraan melalui berbagai kegiatan dan keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Self management terhadap perilaku diet penderita DM tipe 2. Penelitian menggunakan Quasi-experimental design dengan menggunakan pendekatan pre and post test non equivalent group design. Sampel terdiri dari 60 responden yang dipilih secara purposive sampling. hasil penelitian menunjukan bahwa mayoritas responden adalah perempuan (76.7% kelompok intervensi 70% kontrol) , berusia pada 50-60 tahun ( 46,7% intervensi, 70% kontrol) lama menderita DM 1-2 tahun ( 36.7% intervensi, 30% kontrol), Tidak berolah raga ( 66% intervensi, 73,3% kontrol) . berdasarkan hasil analisis penelitian didapatkan bahwa adanya pengaruh self management terhadap prilaku diet penderita DM, terdapat perbedaan yang signikan perilaku diet penderita DM kelompok intervensi sebelum dan sesudah diberikan self management ( p =0.01), tidak ada perbedaan antara kelompok kontrol (p=0.05), adanya perbedaan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol ( p=0.00) pada penderita DM tipe 2 di wilayah kerja puskesmas darussalam Aceh besar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa self management bermamfaat bagi pasien DM tipe 2 untuk mengontrol dan mengelolah penyakit DM yang dialami Kata kunci: Self management, DM tipe 2, Perilaku diet

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PENGETAHUANRNDAN SIKAP DALAM PENATALAKSANAAN DIET PADA RNPENDERITA DIABETES MELLITUS DI KECAMATAN RNDARUL IMARAH ACEH BESAR (YUNIHA ASTUTI, 2015)

PENGARUH KONSELING TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PASIEN DIABETES MELLITUS (DM) TIPE 2 DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH TAHUN 2015 (RITA SURYA, 2015)

HUBUNGAN PEMBERIAN INFORMASI KESEHATAN OLEH PERAWAT PELAKSANA DENGAN KEPATUHAN DIET PASIEN DM TIPE II DI RUANG MAMPLAM I BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (kartika rahmani, 2014)

UPAYA PENGONTROLAN KADAR GULA DARAH PADA PASIEN RNDIABETES MELITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RNRSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH RNTAHUN 2014 (WAN MILATINA, 2014)

PENGARUH PELAKSANAAN FUNGSI PERAWATAN KESEHATAN KELUARGA TERHADAP TERAPI DIET PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (ROSA SOFIANA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.