Search :

Advance


HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SD NEGERI 5 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nova Rizki - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rizki, Nova. 2017. Hubungan Status Gizi dengan Hasil Belajar Siswa Kelas I SD Negeri 5 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Awaluddin, M.Pd., (2) Tursinawati, S.Pd.I, M.Pd. Kata kunci: Status Gizi, Hasil Belajar Anak sekolah termasuk kelompok rentan gizi sehingga memerlukan pemenuhan zat-zat gizi karena dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik dan perkembangan otaknya. Hal ini berkaitan dengan proses belajar dan pencapaian hasil belajar yang optimal. Penelitian ini mengangkat masalah adakah hubungan status gizi dengan hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri 5 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri 5 Banda Aceh. Hipotesis penelitian yakni ada hubungan status gizi dengan hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri 5 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 5 Banda Aceh dengan sampel sebanyak 53 siswa yang diambil dari 2 kelas, yaitu kelas IA dan IB. Pengumpulan data status gizi diperoleh dari pengukuran berat badan dan tinggi badan, yang kemudian diolah menggunakan rumus indeks massa tubuh menurut umur (IMT/U) dan rumus ambang batas (z-skor) untuk menginterpretasikan status gizi, sedangkan hasil belajar diperoleh dengan mengambil nilai rata-rata rapor ujian tengah semester (UTS) siswa. Uji statistik yang digunakan yaitu menggunakan uji korelasi Product Moment dan pengujian hipotesis menggunakan uji z dengan taraf signifikan 0,05 (5%). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh gambaran status gizi siswa secara klinis adalah normal pada kriteria gizi baik dengan rata-rata -1,3 dan hasil belajar berada pada kriteria cukup dengan perolehan rata-rata 6,5. Dari hasil analisis korelasi antara status gizi dengan hasil belajar siswa diperoleh nilai korelasi 0,466 yang termasuk kriteria sedang dan hasil pengujian hipotesis diperoleh zhitung (3,36) > ztabel (1,96) sehingga H_(a )diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan status gizi dengan hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri 5 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENYAKIT KARIES GIGI DENGAN STATUS GIZI SISWA DI SD NEGERI 15 TIBANG BANDA ACEH (Meita Mahalia, 2013)

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS 4 SAMPAI 6 SEKOLAH DASAR BUNGA MATAHARI INTERNATIONAL SCHOOL BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (Yoni Fanty Carolin S, 2017)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DAN VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 56 BANDA ACEH TAHUN 2011 (Ayu Darniati, 2013)

HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG DENGAN STATUS GIZI SISWA SMA LABORATORIUM UNSYIAH BANDA ACEH (Syech Zulfahmi, 2016)

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN IBU DAN PENDAPATAN ORANG TUA DENGAN STATUS GIZI ANAK SDN 02 LABUHAN HAJI (Zaida Rahmia Ulpa, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.