Search :

Advance


HUBUNGAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN DERAJAT PRURITUS UREMIK PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK STADIUM 5 DI RSUDZA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Idal Fitri Mareta - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Penyakit ginjal kronik (PGK) stadium 5 adalah kerusakan ginjal akibat destruksi struktur ginjal dan mengakibatkan terganggunya fungsi ginjal secara terus-menerus sehingga pasien mengalami penumpukan metabolisme dalam tubuh, salah satunya ureum. Kadar ureum tinggi dapat menyebabkan gatal pada kulit yang disebut pruritus uremik. Salah satu terapi yang paling sering dilakukan pasien PGK stadium 5 adalah hemodialisis (HD). Terapi HD diharapkan dapat mengekresikan ureum sehingga pruritus uremik yang dirasakan pasien dapat membaik, tetapi setelah menjalani HD gejala pruritus uremik tidak berkurang pada beberapa pasien karena pada saat HD hanya sebagian toksin uremik yang dapat dieksresikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama hemodialisis dengan derajat pruritus pada penderita penyakit ginjal kronik stadium 5 di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah analitik observasional dan pendekatan Cross Sectional dengan teknik total sampling. Penilaian lama HD dilakukan dengan melihat data registrasi dan derajat pruritus uremik menggunakan kuisoner Pruritus Grading System. Dari 56 responden didapatkan derajat pruritus yang paling banyak adalah derajat ringan (66,1%), derajat sedang 28,6% dan derajat berat 5,3%. Lama dialisis yang dijalani antara 3 bulan - 11,6 tahun. Analisis statistik dengan uji Mann-Whitney menunjukkan tidak terdapat hubungan lama hemodialisis dengan derajat pruritus uremik pada penderita penyakit ginjal kronik stadium 5 di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh (p-value=0,392).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN SKOR MINI-MENTAL STATE EXAMINATION (MMSE) PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RSUDZA BANDA ACEH (Cut Nadhira Mazaya, 2016)

GAMBARAN SEROSTOMIA PADA PENDERITA GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH (Nadya Syahana, 2015)

HUBUNGAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN INSOMNIA PADA PENDERITA PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL RNABIDIN BANDA ACEH (POCUT INDAH SAFITRI, 2015)

HUBUNGAN LAMA TERAPI HEMODIALISIS PADA PENDERITA PENYAKIT GINJAL KRONIK (PGK) NONDIABETIK DENGAN KEJADIAN RESTLESS LEGS SYNDROME (Alfin Radhian, 2015)

HUBUNGAN LAMA WAKTU HEMODIALISIS PENDERITA GAGAL GINJAL KRONIK DENGAN STATUS GIZI DI INSTALASI DIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rizkya Ika Fadilla, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.