Search :

Advance


PERBANDINGAN PEMBELAJARAN METODE PRAKTIKUM BERBASIS KETERAMPILAN PROSES DAN METODE PRAKTIKUM BIASA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMPN 2 MONTASIK

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rita Zahara - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Zahara, Rita. 2016. Perbandingan Pembelajaran Metode Praktikum Berbasis Keterampilan Proses dan Metode Pembelajaran Praktikum Biasa Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 2 Montasik . Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Agus Wahyuni, M.Pd (2) Drs. Elmi Mahzum, M.IT Kata Kunci : Prestasi belajar, metode praktikum berbasis keterampilan proses, metode praktikum biasa Penelitian ini berjudul: “Perbandingan Pembelajaran Metode Praktikum Berbasis Keterampilan Proses dan Metode Praktikum Biasa Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 2 Montasik”. Rumusan masalah di penelitian ini adalah apakah prestasi belajar siswa mengunakan metode praktikum berbasis keterampilan proses lebih baik dari metode praktikum biasa pada siswa SMPN 2 Montasik? Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pembelajaran metode praktikum berbasis keterampilan proses lebih baik dibandingkan dengan metode praktikum biasa terhadap hasil belajar siswa SMPN 2 Montasik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu 1X-1 sebagai kelas kontrol dan 1X-2 sebagai kelas kontrol. Dalam kegiatan mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen tertulis atau tes berupa sejumlah soal yang diberikan kepada siswa. Untuk mengetahui hasil belajar yang signifikan antara kelas IX-2 lebih baik (kontrol) dan IX-1 (eksperimen), maka perlu dilakukan uji rata- rata satu pihak (uji t). Uji rata-rata satu pihak yang digunakan adalah uji-t (uji pihak kanan) dengan kriteria taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dianalisis terdapat kriteria nilai thitung = 2,51dan nilai ttabel = 1,70 dimana thitung > ttabel yang menunjukkan bahwa tolak H0 dan terima Ha. Artinya hipotesis yang diajukan peneliti terbukti benar. Dengan demikain dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa menggunakan metode praktikum berbasis keterampilan proses lebih baik dari pada prestasi belajar siswa menggunakan metod praktikum biasa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 1 INDRAPURI ACEH BESAR (Nafisah Hanim, 2015)

PENGARUH PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMPN 2 SIMEULUE TIMUR (Ayu Andaresta, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Nela Yuliana, 2016)

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH SISWA RNPADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH RNDI SMA NEGERI 2 PEUSANGAN (ANWAR AR, 2014)

PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS VIII MTSN KUTA BARO ACEH BESAR (fitri raudhah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.