Search :

Advance


HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DISMENOREA PRIMER TERHADAP SWAMEDIKASI PADA MAHASISWI PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2016

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Anggun Rosalina - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Dismenorea merupakan masalah yang sering terjadi pada wanita setiap bulannya. Dismenorea umumnya ditangani secara swamedikasi. Swamedikasi merupakan upaya pengobatan sendiri terhadap keluhan yang dirasakan yang sepenuhnya dikelola diri sendiri. Banyak faktor yang memengaruhi swamedikasi salah satunya adalah pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dismenorea primer terhadap swamedikasi pada mahasiswi pendidikan dokter angkatan 2016 dengan menggunakan kuisioner pada bulan januari 2016. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan menggunakan teknik total sampling selama 4 hari didapatkan 51 responden memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukan kejadian dismenorea (51%) dengan pengetahuan terhadap dismenorea (74,6% baik, 19,4% buruk) dan responden yang memiliki pengetahuan baik 41,7% melakukan swamedikasi. Hasil analisis dengan uji chi- square didapatkan nilai p-value (p=0,743), dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dismenorea primer terhadap swamedikasi pada mahasiswi pendidikan dokter angkatan 2016. Kata Kunci : Dismenorea Primer, Swamedikasi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN SWAMEDIKASI TERHADAP RASIONALITAS PENGGUNAAN OBAT PASIEN LANJUT USIA DI BEBERAPA APOTEK WILAYAH BANDA ACEH (Shara Yunita, 2015)

PENGARUH SENAM AEROBIK TERHADAP DERAJAT NYERI DISMENOREA PADA WANITA RNUSIA 20-25 TAHUN (Fiki Nurviana, 2014)

GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI TENTANG DISMENOREA DI MAN RUKOH KOTA BANDA ACEH (Fitri Dwi Puspita Sari, S.Ked, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DOKTER PRAKTIK UMUM TERHADAP SISTEM KEDOKTERAN KELUARGA DENGAN PENERAPANNYA DI LAYANAN PRIMER DI BANDA ACEH (Angga Pranata , 2016)

HUBUNGAN STRESOR PSIKOSOSIAL DENGAN SIKLUS MENSTRUASI PADA MAHASISWI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Annisa Waqo, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.