Search :

Advance


HUBUNGAN TAJAM PENGLIHATAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN SEBELUM DAN SESUDAH OPERASI KATARAK SENILIS DI RSUDZA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tria Mairizka - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Katarak senilis merupakan kekeruhan yang terjadi pada lensa mata. Katarak senilis dapat menyebabkan gangguan pada tajam penglihatan dan dapat mempengaruhi kualitas hidup pasien. Penurunan tajam penglihatan dapat diperbaiki dengan operasi katarak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tajam penglihatan dengan kualitas hidup sebelum dan sesudah operasi katarak senilis di RSUDZA Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan rancangan time series design. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dan didapatkan 39 sampel yang diambil pada bulan September sampai November 2016. Data kemudian dianalisis menggunakan uji Spearman. Hasil menunjukkan terdapat hubungan antara tajam penglihatan dengan kualitas hidup sebelum operasi katarak senilis (p value 0,003) dan terdapat hubungan tajam penglihatan dengan kualitas hidup sesudah operasi katarak senilis (p value 0,003). Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan tajam penglihatan dengan kualitas hidup sebelum dan sesudah operasi katarak senilis di RSUDZA Banda Aceh. Kata Kunci: Katarak senilis, Tajam penglihatan, Kualitas hidup.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN KETAJAMAN PENGLIHATAN PASCA BEDAH KATARAK SENILIS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH 2012 (Bengi Muthmainnah, 2015)

GAMBARAN PENGUKURAN POWER INTRAOCULAR LENS (IOL) DENGAN MENGGUNAKAN BIOMETRI DITINJAU DARI TAJAM PENGLIHATAN PASIEN PASCA OPERASI KATARAK DI POLIKLINIK MATA BLUD RSUDZA BANDA ACEH (Widya Ningsih Harahap, 2015)

TAJAM PENGLIHATAN PENDERITA KATARAK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE JANUARI SAMPAI DESEMBER 2010 (Erni Fitria, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT TAJAM PENGLIHATAN DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN DENGAN KELAINAN REFRAKSI BELUM DIKOREKSI DI POLI MATA RSUD MEURAXA BANDA ACEH (Rahayu Anita Permata Hadi, 2017)

HUBUNGAN TINGKAT KEKERUHAN LENSA PENDERITA KATARAK SINILIS TERHADAP TAJAM PENGLIHATAN POST OPERASI KATARAK SINILIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (m fadhil syafridon, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.