Search :

Advance


ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI SDN UNGGUL LAMPEUNEURUT

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ona yohanna - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Yohanna, Ona. 2017. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VI SD Negeri Unggul Lampeuneurut. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Monawati, M.Pd, (2) Mislinawati, S.PdI, M.Pd Kata Kunci: analisis kesalahan, soal, matematika Dalam konteks melihat kesalahan siswa menjawab soal adalah dengan memeriksa jawaban siswa dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini berupaya mengungkapkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada mata pelajaran matematika di kelas VI SD Negeri Unggul Lampeuneurut. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada mata pelajaran matematika, dan (2) penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada mata pelajaran matematika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara. Selanjutnya seluruh data diolah dengan tahapan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, mendeskripsikan data, dan membuat kesimpulan. Dari hasil pengolahan data 68 siswa di sekolah yang dijadikan subjek diperoleh informasi bahwa siswa kelas VI SD Negeri Unggul Lampeuneurut melakukan berbagai jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Kesalahan yang didapat berupa kesalahan fakta 0,7%, kesalahan konsep 34,1%, kesalahan prinsip 3,9%, kesalahan operasi 14,1%, dan total persentase jenis kesalahan 52,8%. Adapun penyebab kesalahan yang dialami siswa antara lain kurang minatnya siswa terhadap mata pelajaran matematika, kurangnya latihan di rumah, kurangnya motivasi dari orangtua, kurang percaya diri untuk bertanya, dan kurang teliti dalam menyelesaikan soal. Simpulan penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Unggul Lampeuneurut belum maksimal dalam menyerap materi yang diberikan oleh guru sehingga dalam menyelesaikan soal siswa masih melakukan kesalahan yang beragam. Hal itu dapat dilihat dari jenis kesalahan terbanyak yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal yaitu kesalahan konsep 34,1%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN PADA KELAS V SD NEGERI 33 KOTA BANDA ACEH (Intan Mulia, 2014)

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATRIKS DI KELAS XII MAN DARUSSALAM ACEH BESAR (Cici Rezki, 2015)

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 DRUSSALAM (Teuku Muhajir, 2017)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EVALUASI MATEMATIKA SEMESTER II KELAS VRNSD NEGERI 8 BANDA ACEH (fajarina, 2015)

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA UJIAN SEMESTER GANJIL DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Zuhra, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.