Search :

Advance


PENGARUH BERAT BADAN LAHIR RENDAH TERHADAP KEJADIAN IKTERUS NEONATORUM DI RUANG NICU RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fadhlyany - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ikterus neonatorum adalah masalah yang sering terjadi pada neonatus di minggu pertama kehidupannya. Ikterus biasanya terjadi akibat akumulasi serum bilirubin di kulit dan membran mukosa lainnya, dengan kadar total serum bilirubin lebih dari 5 mg/dL. Beberapa faktor resiko telah diidentifikasi dapat menyebabkan peningkatan kadar bilirubin seperti berat badan lahir rendah. Ikterus neonatorum sering terjadi pada bayi yang lahir dengan berat badan lahir rendah disebabkan imaturitas hepar sehingga konjugasi bilirubin indirek menjadi bilirubin direk belum sempurna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berat badan lahir rendah terhadap kejadian ikterus di ruang Neonatal Intensive Care Unit RSUDZA Banda Aceh. Jenis penelitian adalah analitik observasional dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan sampel sebanyak 92 neonatus. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Chi Square. Hasil analisis data diperoleh nilai dengan p value 0,021 (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH DENGAN LUARAN SEPSIS NEONATORUM DI RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RAHMI ANNISA SYARLI, 2015)

HUBUNGAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH (BBLR) DENGAN HIPOTERMIA DI RUANG RAWAT INTENSIF NEONATAL RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Jose Asmara, 2016)

HUBUNGAN BERAT BADAN LAHIR DENGAN ASFIKSIA NEONATORUM PADA RUMAH SAKIT DI KOTA BANDA ACEH (Elvi junita, 2016)

GAMBARAN PREEKLAMPSIA DENGAN BERAT BADAN LAHIR DI RSUD DR ZAINOEL ABIDIN TAHUN 2011 (Shiddiq Wiratama, 2014)

HUBUNGAN USIA IBU, TINGGI BADAN, BMI SEBELUM PERSALINAN, TFU DAN BERAT LAHIR BAYI TERHADAP KEJADIAN SEKSIO SESAREA RNKARENA CEPHALOPELVIC RNDISPROPORTION (Izza Chairani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.