Search :

Advance


PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PEMBUKTIAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GEOMETRI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lia Hamimi - Personal Name
Subyek TEACHING METHODS
GEOMETRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Unsyiah
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Pembuktian matematika merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam pembelajaran matematika di sekolah. Salah satu kendala yang dialami siswa terhadap geometri adalah kesulitan dalam mengkonstruksi bukti. Salah satu penyebab belum tersedia perangkat pembelajaran khusus bukti. Adapun untuk mencapai maksud tersebut diperlukan perangkat pembelajaran pembuktian menggunakan model Guided Inquiry. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran pembuktian menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry untuk mengembangkan kemampuan geometri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap. Tahap pertama yaitu Analysis (analisis), kegiatan yang dilakukan adalah menganalisi kebutuhan, karakteristik siswa, silabus, dan materi. Tahap kedua yaitu Design (desain), kegiatan yang dilakukan adalah menyusun perangkat pembelajaran berupa materi ajar, RPP, LKPD, dan THB yang berupa produk awal. Tahap ketiga yaitu Development (pengembangan), kegiatan yang dilakukan adalah proses validasi dari validator yang bertujuan untuk mendapatkan perangkat pembelajaran yang valid. Setelah divalidasi diperoleh prototipe 1. Tahap keempat yaitu Implementation (pelaksanaan), kegiatan yang dilakukan adalah ujicoba kelompok keterbacaan dan uji coba lapangan yang bertujuan untuk mendapatkan perangkat pembelajaran yang praktis dan efektif. Setelah uji coba keterbacaan diperoleh prototipe 2. Setelah ujicoba lapangan diperoleh prototipe 3. Tahap kelima yaitu Evaluation (evaluasi), kegiatan yang dilakukan adalah menganalisis data kepraktisan dan keefektifan, kemudian dihasilkan prototipe akhir yang valid, praktis dan efektif. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII-4 MAN Model Banda Aceh 1. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa perangkat pembelajaran berupa materi ajar, RPP, LKPD, dan THB. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikatergorikan valid, praktis dan efektif. Kata kunci: Pembuktian pada Geometri Transformasi dan Guided Inquiry

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PEMBUKTIAN DENGAN STRATEGI ABDUKTIF-DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GEOMETRI SISWA SMA (Ernawati, 2017)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKARNDENGAN PENDEKATAN REALISTIK PADA MATERI GEOMETRI (Murdani, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (DEVI AULIA RACHMAYATI, 2015)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN CABRI 3D (Nurul Asma, 2017)

AKTIVITAS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DI KELAS X IPA 1 MAN DARUSSALAM (Nuriyanti, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.