Search :

Advance


PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA DAROY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI ZONA 3 DAN 4 KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ridwan - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA DAROY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI ZONA 3 DAN 4 KOTA BANDA ACEH Oleh: Ridwan NIM. 1209200060058 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Ir. Eldina Fatimah, M. Sc 2. Dr. Ir. Masimin, M. Sc ABSTRAK Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy merupakan perusahaan yang melayani penyediaan air minum masyarakat Kota Banda Aceh. Bentuk keluhan pelangan terhadap pelayanan PDAM Tirta Daroy ini khususnya zona 3 dan 4 meliputi air bersih tidak tersedia setiap waktu dan masih kurangnya kualitas pelayanan yang diberikan kepada para pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk harapan pelanggan zona 3 dan 4 Kota Banda Aceh terhadap pelayanan PDAM Tirta Daroy, dan menganalisis hubungan serta pengaruh antara kualitas pelayanan PDAM Tirta Daroy terhadap kepuasan pelanggan di zona 3 dan 4 Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner, yang ditujukan pada pelanggan yang mendapatkan pelayanan langsung dari PDAM Tirta Daroy di zona 3 dan 4 yang meliputi 6 kecamatan yaitu Kecamatan Kuta Raja, Meuraxa, Baiturrahman, Jaya Baru, Lueng Bata, dan Banda Raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harapan pelanggan zona 3 dan 4 Kota Banda Aceh terhadap pelayanan PDAM Tirta Daroy adalah dapat memberikan hasil sesuai dengan yang dibutuhkan dengan nilai mean 4,66, tidak adanya kesulitan dalam mendapatkan akses terhadap air bersih dengan nilai mean 4,65, dan air bersih dapat dinikmati oleh semua golongan masyarakat dengan nilai mean 4,64. Hubungan antara kualitas pelayanan PDAM Tirta Daroy terhadap kepuasan pelanggan di zona 3 dan 4 Kota Banda Aceh untuk faktor kesungguhan mempunyai hubungan yang tinggi dengan nilai koefisien korelasi Pearson sebesar 0,81, sementara faktor keandalan, faktor ketanggapan, faktor jaminan, dan faktor bukti fisik mempunyai hubungan yang sangat tinggi dengan nilai koefisien korelasi Pearson > 0,90. Pengaruh antara kualitas pelayanan PDAM Tirta Daroy terhadap kepuasan pelanggan di zona 3 dan 4 Kota Banda Aceh, yang paling berpengaruh adalah faktor keandalan, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,34. Hal ini menunjukkan bahwa apabila faktor keandalan ditingkatkan, maka kepuasan pelanggan di zona 3 dan 4 Kota Banda Aceh akan semakin meningkat. Kata Kunci : PDAM Tirta Daroy, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, keandalan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA DAROY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI ZONA 3 DAN 4 KOTA BANDA ACEH (Ridwan, 2017)

SISTEM PENERIMAAN BIAYA PENDAFTARAN PELANGGAN BARU PADA PDAM TIRTA DAROY KOTA BANDA ACEH (BAIHAQI AZAMI, 2016)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA MON PASE KABUPATEN ACEH UTARA (Herri Affandi, 2017)

AKUNTANSI PIUTANG REKENING AIR TAK TERTAGIH PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA DAROY KOTA BANDA ACEH ” (Dilla Mentari, 2013)

SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN TAGIHAN REKENING AIR MINUM PADA PDAM TIRTA DAROY BANDA ACEH (AFRIZAL NUR, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.