Search :

Advance


HAMBATAN MAHASISWA DALAM PENYELESAIAN TUGAS AKHIR DI PRODI PKK FKIP UNSYIAH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurhasanah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: tugas akhir, hambatan, motivasi Penelitian yang berjudul “Hambatan Mahasiswa dalam Penyelesaian Tugas Akhir di Prodi PKK FKIP Unsyiah” telah selesai dilakukan dengan mengangkat masalah apa hambatan mahasiswa prodi PKK FKIP Unsyiah dalam menyelesaikan tugas akhir ditinjau dari faktor eksternal dan internal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hambatan yang dialami mahasiswa saat menyelesaikan tugas akhir, dan mengetahui apa yang menjadi motivasi mahasiswa saat menyelesaikan tugas akhir. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan subjek menggunakan purposif sampling. Pengumpulan data dengan teknik wawancara dan dokumentasi kepada tiga belas responden. Hasil penelitian diperoleh bahwa hambatan yang dialami saat menyelesaikan tugas akhir dipengaruhi oleh dua faktor. Pada faktor internal yaitu malas, tidak fokus, motivasi rendah, sulit dalam mengembangkan teori, dan sulit menentukan kerangka penulisan, serta terbatasnya dana. Sedangkan faktor ekstenal yaitu sulit menemui dosen pembimbing, minimnya waktu bimbingan, kurang koordinasi dan perbedaan persepsi antara pembimbing, kesulitan mencari referensi yang fokus terhadap permasalahan yang berkaitan pada penelitian, sulit menemui responden dan faktor lingkungan. Sedangkan motivasi internal yaitu minat yang disertai tanggung jawab, bakat, dan harapan masa depan, dan faktor eksternal meliputi keluarga, teman, dosen dan media massa. Kesimpulan bahwa hambatan yang dialami dan motivasi mahasiswa PKK FKIP Unsyiah dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal, yang berasal dari mahasiswa, dan faktor eksternal dipengaruhi dari luar (lingkungan). Disarankan mahasiswa yang akan memprogramkan atau yang sedang menjalani proses penyusunan tugas akhir, agar mempersiapkan segala sesuatu dengan baik. Persiapkan judul tugas akhir, dengan melakukan observasi awal dilapangan, sehingga permasalahan tersebut layak diteliti, selanjutnya gunakan metode penelitian yang sesuai dengan permasalahan, perbanyak membaca buku, dan jurnal. Kemudian buat group diskusi sesama mahasiswa yang memiliki keterkaitan dengan judul atau masalah yang diteliti. Kepada dosen, agar dapat membuat jadwal yang dikhususkan untuk melakukan bimbingan kepada mahasiswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PENYELESAIAN TUGAS AKHIR DI FMIPA UNIVERSITAS SYIAH KUALA DENGAN ANALISIS KORESPONDENSI BERGANDA (Mauliza Sari, 2017)

PENGARUH KEAKTIFAN ORGANISASI MAHASISWA TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA PRODI FISIKA FKIP UNSYIAH (MUHAMMAD HUSNI THAMRIN, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MEMBELI SECARA ONLINE PADA MAHASISWA PRODI EKONOMI FKIP UNSYIAH (Riza Husnilasari, 2014)

DESAIN BUSANA KULIAH BAGI MAHASISWA FKIP UNSYIAH (Lailan Sakinah , 2016)

MINAT MAHASISWA SEJARAH TERHADAP PRODI PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Isnawati, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.