Search :

Advance


HUBUNGAN ANTARA KEPATUHAN MINUM OBAT KELASI BESI DENGAN PERTUMBUHAN LINIER ANAK PENDERITA THALASEMIA BETA MAYOR DI SENTRAL THALASEMIA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FANINA RIZKIA - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Kadar feritin yang tinggi menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pertumbuhan terhambat pada pasien thalasemia β mayor sehingga kelasi besi diharapkan dapat mencegah hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepatuhan minum obat kelasi besi dengan pertumbuhan linier anak penderita thalasemia β mayor di Sentral Thalasemia RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh dengan menggunakan kuesioner MMAS-8 dan mengukur tinggi badan anak. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah pasien thalasemia β mayor usia 6 sampai 18 tahun yang diambil pada bulan Juli dan September 2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Jumlah responden yang didapatkan pada penelitian ini adalah 40 pasien dimana 5 (12,5%) pasien memiliki tingkat kepatuhan minum obat yang tinggi, 3 (7,5%) pasien dengan tingkat kepatuhan sedang, dan 32 (80%) pasien dengan tingkat kepatuhan rendah. Sebanyak 15 (37,5%) pasien memiliki tingggi badan di atas persentil 3 sedangkan 25 (62,5%) pasien lainnya di bawah persentil 3. Data dianalisis secara statistik dengan uji Mann Whitney dan hasil menunjukkan nilai p = 0,575 (p > 0,05). Disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kepatuhan minum obat kelasi besi dengan pertumbuhan linier anak penderita thalasemia β mayor di Sentral Thalasemia RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Kata kunci: thalasemia β mayor, kepatuhan minum obat, pertumbuhan linier

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT KELASI BESI TERHADAP PERKEMBANGAN SEKS SEKUNDER PADA ANAK PENDERITA THALASEMIA BETA MAYOR DI SENTRAL THALASEMIA RSUDZA BANDA ACEH (Fahmiati Arifna, 2017)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA ANAK THALASEMIA BETA MAYOR DI BLUD RUMAH SAKIT ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (SHABRINA, 2016)

GAMBARAN SELF CARE PADA ANAK USIA SEKOLAH DENGAN THALASEMIA MAYOR DI RUANG SENTRAL THALASEMIA RSUD DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH (Adyanur, 2015)

HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL PENDERITA THALASEMIA USIA SEKOLAH DI SENTRAL THALASEMIA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Siti Faizah, 2014)

HUBUNGAN USIA DAN KUALITAS HIDUP TERHADAP SINDROM DEPRESI PADA PENDERITA THALASSEMIA BETA MAYOR DI INSTALASI SENTRAL THALASSEMIA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (nasyirah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.