Search :

Advance


PROFIL MASYARAKAT TRANSMIGRASI DI KECAMATAN ATU LINTANG KABUPATEN ACEH TENGAH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Puput Liyawati - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Profil, Tingkat Kesejahteraan Masyarakat, Transmigrasi. Penelitian yang berjudul : “Profil Masyarakat Transmigrasi di Kecamatan Atu Lintang Kabupaten Aceh Tengah”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masyarakat transmigrasi di Kecamatan Atu Lintang yang mulai dilaksanakan pada tahun 1983. Masyarakat Transmigrasi memiliki beragam kebudayaan yang mulai menimbulkan asimilasi dengan kebudayaan lokal yaitu kebudayaan Jawa, Gayo dan Batak. Masyarakat transmigrasi menunjukkan pergerakan perekonomian yang terus meningkat dalam jangka panjang. Hal itu diawali dengan kondisi perekonomian yang pada awalnya lemah hingga semakin meningkatnya perekonomian masyarakat transmigrasi untuk mencapai kesejahteraan. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana profil masyarakat transmigrasi di Kecamatan Atu Lintang. (2) Bagaimana tingkat kesejahteraan masyarakat transmigrasi di Kecamatan Atu Lintang. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana profil masyarakat transmigrasi di Kecamatan Atu Lintang. (2) Untuk mengetahui bagaimana tingkat kesejahteraan masyarakat transmigrasi di Kecamatan Atu Lintang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Sedangkan pengumpulan data utama dilakukan dengan observasi dan wawancara. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Aceh Tengah 2 (dua) orang bagian Kepala Bidang Transmigrasi dan Wakil Bidang Transmigrasi, Tokoh-tokoh masyarakat 3 (tiga) orang dan masyarakat transmigrasi 5 (lima) orang, maka jumlah seluruh informan adalah 10 (sepuluh) orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat mengikuti program transmigrasi yaitu karena alasan perekonomian lemah. Namun masyarakat transmigrasi telah mencapai tujuan dilaksanakannya program transmigrasi yaitu mensejahterakan masyarakat dan masyarakat telah menetap di wilayah transmigrasi. Saran dalam penelitian ini (1) Penulis berharap agar pemerintah terus menjalankan program transmigrasi di seluruh wilayah-wilayah yang produktif untuk dijadikan sebagai lokasi transmigrasi, agar dapat mengurangi kepadatan jumlah penduduk serta meningkatkan perekonomian masyarakat miskin. (2) Bagi masyarakat transmigrasi agar supaya terus berusaha untuk merubah nasib dengan segala usaha yang telah di beri dukungan oleh pemerintah dengan adanya program transmigrasi dengan tujuan untuk mencapai perekonomian yang lebih baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENANGANAN PANEN DAN PASCA PANEN DAN KAITANNYA DENGAN KARAKTERISTIK PETANI KOPI ARABIKA DI KECAMATAN ATU LINTANG KABUPATEN ACEH TENGAH (Irwan Hidayah, 2016)

MODAL SOSIAL MASYARAKAT TRANSMIGRASI PADA MASA KONFLIK DAN PASCA KONFLIK (STUDI KOMPARATIF DI GAMPONG JANTHO BARU KECAMATAN KOTA JANTHO KABUPATEN ACEH BESAR) (NURSUSANTI, 2016)

PERKEMBANGAN PEMUKIMAN TRANSMIGRASI DI KECAMATAN JAGONG JEGET KABUPATEN ACEH TENGAH 1982-2014 (nurul fitri, 2014)

PENDISTRIBUSIAN DAN PEMANFAATAN DANA BAITUL MAL DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT DI KECAMATAN ATU LINTANG DAN JAGONG JEGET KABUPATEN ACEH TENGAH (NURIFFASARI, 2016)

PERKEMBANGAN PERMUKIMAN TRANSMIGRASI PAYA KUMER KECAMATAN TRIPE JAYA KABUPATEN GAYO LUES, 1997-2014 (ERNA SULASTRI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.