//

HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH, USIA MENARCHE, DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN DYSMENORRHEA PRIMER PADA WANITA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Diva Riamilda Irianto - Personal Name

Abstrak/Catatan

Dysmenorrhea primer merupakan keram dibagian bawah perut pada wanita dengan panggul normal yang dimulai saat onset awal perdarahan menstruasi dan berkurang secara bertahap dalam waktu 12-72 jam. Dysmenorrhea primer merupakan permasalahan ginekologis yang umum dijumpai pada wanita muda. Diyakini terjadinya dysmenorrhea primer pada wanita muda berhubungan dengan faktor resiko dari dysmenorrhea primer seperti Indeks Massa Tubuh dan Usia Menarche. Di sisi lain Aktivitas Fisik dipercaya sebagai alternatif dari pengobatan dysmenorrhea primer untuk menggantikan pengobatan anti nyeri seperti penggunaan obat non-steroid anti inflamasi (NSAID). Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan Indeks Massa Tubuh, Usia Menarche, dan Aktivitas Fisik terhadap dysmenorrhea primer. Desain penelitian ini adalah analitik cross-sectional. Responden penelitian adalah 48 wanita. Responden diambil dengan metode probability sampling dengan cara simple random sampling. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji chi-square. Pada penelitian ini didapatkan hasil analisis bivariat terdapatnya hubungan antara Indeks Massa Tubuh dengan dysmenorrhea primer dengan p value = 0,000. Aktivitas fisik pun ditemukan memiliki hubungan untuk mengurangi kejadian dysmenorrhea primer, hasil yang didapatkan dengan p value = 0,042. Namun tidak didapatkan hubungan antara usia menarche dan dysmenorrhea primer dengan nilai p value = 0,450. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Indeks Massa Tubuh dan Aktivitas Fisik berhubungan dengan dysmenorrhea primer sedangkan Usia Menarche tidak berhubungan dengan dysmenorrhea primer pada wanita.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH (IMT) DAN STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN USIA MENARCHE PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA (Kartini, 2016)

HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DAN POLA MAKAN TERHADAP INDEKS MASSA TUBUH PADA MAHASISWA KEDOKTERAN UNSYIAH (indriazel syaputri, 2014)

GAMBARAN USIA MENARCHE PADA REMAJA PUTRI SMP NEGERI 6 DAN SMP 12 KOTA BANDA ACEH TAHUN 2013 (Amalya Sabrina, 2014)

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN USIA MENARCHE PADA SISWI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KOTA BANDA ACEH TAHUN 2014 (mirazi asyraf, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG REPRODUKSI DENGAN TINDAKAN DALAM MENGHADAPI MENARCHE PADA REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Fanny Tri Dewi Arumita, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy