Search :

Advance


HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN INTENSITAS NYERI PASIEN NYERI PUNGGUNG BAWAH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dian Mutia - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nyeri punggung bawah merupakan nyeri yang dirasakan di punggung bagian bawah dan juga salah satu masalah yang ada di masyarakat. Nyeri yang dirasakan oleh penderita LBP sangat berhubungan dengan aspek psikologi pasien sehingga akan berdampak pada intensitas nyeri yang dirasakan.Kecemasan merupakan aspek psikologis yang dirasakan pasien LBP akibat nyeri yang ditimbulkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan dengan intensitas nyeri pada pasien nyeri punggung bawah. Penelitian ini menggunakan studi komparatif dengan pendekatan cross sectional dilaksanakan pada tanggal 23 Juni 2016 sampai dengan 30 september 2016. Besar sampel adalah 66 orang. Derajat intensitas nyeri diukur melalui wawancara dengan menggunakan skala Numerical Rating Scale (NRS) dan tingkat kecemasan diukur dengan menggunakan kuesioner Beck Anxiety Inventory (BAI). Hasil analisa korelatif dengan menggunakan uji Spearmean menunjukkan terdapat hubungan tingkat kecemasan dan intensitas nyeri dengan nilai Korelasi Spearmean = 0,000 (p < 0,05) dengan arah korelasi yang positif sehingga H0 ditolak dan hipotesis kerja terbukti. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara tingkat kecemasan dengan intensitas nyeri pasien nyeri punggung bawah (NPB). Kata Kunci : NPB, VAS, kecemasan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PARITAS DENGAN KEJADIAN NYERI PUNGGUNG BAWAH DI POLIKLINIK SARAF RSUDZA (Bangkit Salam, 2017)

HUBUNGAN INTENSITAS NYERI PASIEN LOW BACK PAIN DAN KUALITAS HIDUP DI POLIKLINIK SARAF RSUDZA BANDA ACEH (Fauzia Eliza Saraswati, 2016)

HUBUNGAN USIA, JENIS KELAMIN, DAN BEBAN KERJA FISIK DENGAN KETERBATASAN BERAKTIVITAS PADA PASIEN SPECIFIC DAN NON-SPECIFIC LOW BACK PAIN (Nabila DInda Jeulila, 2014)

HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEROKOK DENGAN INTENSITAS NYERI PUNGGUNG BAWAH (NPB) DI POLIKLINIK SARAF RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rahmadini, 2014)

EFEKTIFITAS FACET JOINT BLOCK TERHADAP INTENSITAS NYERI PUNGGUNG BAWAH (NBP)KRONIK DIBAGIAN SARAF RSUDZA BANDA ACEH (DEVI INKHA SAPUTRI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.