Search :

Advance


KONTRIBUSI KESEIMBANGAN STATIS DAN POWER LENGAN TERHADAP KECEPATAN MENDAYUNG KAYAK 1 JARAK 20 METER PADA ATLET DAYUNG PENGCAB BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Masykur - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Masykur. 2016. Kontribusi Keseimbangan Statis dan Power Lengan Terhadap Kecepatan Mendayung Kayak 1 Jarak 20 Meter pada Atlet Dayung Pengcab Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Nuzuli, M.S., (2) Maimun Nusufi, S.Pd., M.Pd. kata kunci : keseimbangan statis, power lengan, mendayung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi keseimbangan statis dan power lengan terhadap kecepatan mendayung kayak 1 jarak 20 meter pada atlet dayung pengcab Banda Aceh. Jenis penelitian ini dinamakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet dayung pengcab Banda Aceh berjumlah 13 orang. Mengingat populasi yang sangat sedikit maka keseluruhan populasi akan dijadikan sampel penelitian yang berjumlah 13 atlet. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) tes keseimbangan statis, diukur dengan stork stand tes, (2) tes power lengan, diukur dengan menggunakan tes two hand medicine ball push, dan (3) tes kecepatan mendayung diukur dengan menggunakan tes kecepatan mendayung kayak 1 jarak 20 meter. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara keseimbangan statis dengan kecepatan mendayung pada atlet dayung pengcab Banda Aceh sebesar (r=0,94), keseimbangan statis memberikan kontribusi sebesar 88,36% terhadap kecepatan mendayung, (2) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara power lengan dengan kecepatan mendayung pada atlet dayung pengcab Banda Aceh sebesar (r = 0,30), power lengan memberikan kontribusi sebesar 0,09% terhadap kecepatan mendayung, (3) terdapat kontribusi yang signifikan antara keseimbangan statis dan power lengan secara bersama-sama terhadap kecepatan mendayung pada atlet dayung pengcab Banda Aceh kayak 1 sebesar (R.x1x2y = 0,93), hal ini menunjukan bahwa 86,49% variasi kecepatan mendayung kayak 1 jarak 20 meter ditentukan oleh kedua variabel. Simpulan penelitian ini adalah terdapat kontribusi yang signifikan antara keimbangan statis dan power lengan terhadap kecepatan mendayung kayak 1 jarak 20 meter. Disarankan dalam upaya peningkatan mendayung kayak 1 hendaknya para pelatih dan atlet harus memperhatikan komponen kondisi fisik keseimbangan statis dan power lengan karena kedua komponen ini sangat berperan dalam kecepatan mendayung.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

“KONTIBUSI KESEIMBANGAN DAN POWER OTOT LENGAN TERHADAP KECEPATAN MENDAYUNG JARAK 100 M PADA ATLET DAYUNG PENGPROV BANDA ACEH”. (Hasbuna Rawe, 2015)

KONTRIBUSI POWER LENGAN DAN KELENTUKAN TOGOK TERHADAP KEMAMPUAN DAYUNG KAYAK 1 JARAK 1000 METER PADA ATLET DAYUNG KOTA BANDA ACEH TAHUN 2015 (JIMMY KURNIAWAN, 2015)

KONTRIBUSI KELENTUKAN TOGOK DAN POWER OTOT LENGAN TERHADAP KECEPATAN MENDAYUNG PERAHU TRADISIONAL PADA ATLIT PODSI KOAT BANDA ACEH TAHUN 2106 (Araiko Rahmat, 2017)

KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KELENTUKAN TERHADAP KECEPATAN MENDAYUNG K-1 JARAK 200 M PADA ATLET DAYUNG KOTA BANDA ACEH TAHUN 2013 (Munawirsyah, 2014)

KONTRIBUSI PANJANG LENGAN DAN POWER OTOT LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN SMASH PADA ATLET BOLA VOLI TUNAS MUDA VC ACEH BESAR TAHUN 2014 (Awaluddin, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.