//

ANALISIS TROMBOSITOPENIA SEBAGAI FAKTOR RISIKO KEMATIAN PASIEN SEPSIS DI RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RESTY FAJRINA - Personal Name
SubjectSURGICAL INFECTIONS - MEDICINE
SEPTICEMIA
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Sepsis adalah Systemic Inflammatory Response Syndrome (SIRS) ditambah tempat infeksi yang diketahui. Sepsis merupakan salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Respon sistemik akibat proses infeksi menyebabkan aktivasi dari platelet dan supresi sumsum tulang sehingga sering ditemukan trombositopenia pada pasien sepsis. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis trombositopenia sebagai faktor risiko kematian pasien sepsis di RSUDZA. Penelitian ini merupakan penelitian cohort retrospective dengan menggunakan data sekunder yang diambil melalui rekam medis pasien periode Januari-Desember 2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling dan dianalisis dengan uji Chi-Square. Pasien dibagi dalam 2 kategori yaitu trombositopenia dan tanpa trombositopenia. Data penelitian menunjukkan dari 143 pasien didapatkan usia rata-rata pasien 56,87±14,6 tahun dan 46,2% fokus infeksi berasal dari sistem respirasi. Pasien sepsis yang mengalami trombositopenia sebanyak 61 pasien (42,7%) yang mana 48 pasiennya (78,7%) meninggal. Angka kematian pasien sepsis tanpa trombositopenia adalah 50% (RR 1,57; IK 95% 1.22 – 2.03; p = 0.001). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pasien sepsis dengan trombositopenia berisiko mengalami kematian dibanding dengan pasien sepsis tanpa trombositopenia. Kata kunci : Kematian, Sepsis, Trombositopenia

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PROTEINURIA DENGAN MORTALITAS SEPSIS DI RUMAH SAKIT DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (NOLA SAPRIYELNA ANAS, 2017)

HUBUNGAN EOSINOPENIA SEBAGAI PREDIKTOR MORTALITAS PASIEN SEPSIS DI RUMAH SAKIT UMUM DR ZAINOEL ABIDIN (Dhanang Ali Yafi, 2016)

PERAN NEUTROPHIL LYMPHOCYTE RATIO SEBAGAI PREDIKTOR MORTALITAS PADA PASIEN SEPSIS (Dr. Imelda, 2019)

HUBUNGAN JUMLAH EOSINOFIL TERHADAP SEPSIS PADA PASIEN DI RUANG INTENSIVE ANAK RSUDZA BANDA ACEH (Ruqayyah Febriany, 2015)

PREVALENSI DAN FAKTOR RISIKO ENSEFALOPATI HEPATIKUM PADA PASIEN SIROSIS HEPATIS RNDI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Zia Ulhaya, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy