Search :

Advance


PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN PADA SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ainul Mardiyah Usman - Personal Name
Subyek FINANCIAL MANAGEMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN PADA SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH Oleh : Ainul Mardiyah Usman NIM : 1109200050004 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd. 2. Dr. Nasir Usman, M. Pd ABSTRAK Pengelolaan pembiayaan pendidikan menunjukkan suatu upaya yang dilakukan untuk dibelanjakan dengan tujuan menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumber pembiayaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembiayaan pendidikan pada SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bendahara, guru dan komite sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sumber pembiayaan pendidikan berasal dari APBN, APBK, keluarga, dan masyarakat; (2) Aspek positif yang nampak dalam perencanaan pembiayaan pendidikan atau RAPBS adalah memperhatikan unsur input dan output, perencanaan dilakukan dengan menggunakan: a) Logika, proses setapak demi setapak untuk menuju perubahan yang diharapkan, b) Memperhatikan macam-macam pendekatan dan memilih yang lebih sesuai dengan kondisi sekolah dan masyarakat, c) Menetapkan mekanisme feed back yang memperhatikan kemajuan peserta didik, dan perubahan - perubahan yang terjadi, d) Menggunakan langkah yang jelas, mudah dikomunikasikan dan dipahami oleh orang lain, e) Mengidentifikasi masalah berdasarkan kebutuhan, f) Menentukan syarat-syarat dan alternatif pemecahannya, g) Menentukan efektivitas hasilnya dengan jalan mengadakan evaluasi, h) Mengadakan revisi terhadap kendala yang dirasakan; (3) Pelaksanaan pembiayaan pendidikan meliputi: pembiayaan siswa kurang mampu, membayar honor GTT, pengembangan profesi (pelatihan), perawatan gedung, membeli alat-alat pelajaran, olahraga, kesenian, membiayai ulangan harian/umum dan sekolah, remedial, pengayaan dan pengadaan mobiler; dan (4) Pengawasan pembiayaan pendidikan dilakukan secara melekat oleh Tim Inspektorat Kota Banda Aceh, Komite Sekolah dan pengawasan fungsional oleh Bawasda. Sedangkan aspek negatif yang tampak dalam perencanaan pembiayaan pendidikan adalah masih kurang mengakomodasikan berbagai kondisi dan latar belakang siswa, guru dan donatur kurang dilibatkan, serta masyarakat kurang peduli terhadap pembiayaan pendidikan yang telah dipaparkan di papan pengumuman. Kata Kunci: Pengelolaan, Pembiayaan, dan Pendidikan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGETAHUAN PEJABAT PENATAUSAHAAN KEUANGAN SKPK, KETERAMPILAN, DAN PENGAWASAN INTERNAL TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (STUDI PADA SATUAN KERJA PERANGKAT KABUPATEN DI KABUPATEN ACEH BARAT) (Meilia Rozi, 2016)

PENGARUH JUMLAH PEMBIAYAAN, FINANCIAL LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PERATAAN LABA (STUDI PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA) (Tiara Cut Mustika, 2014)

PENGARUH AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS) TERHADAP PARTISIPASI ORANG TUA MURID DALAM PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI KOTA BANDA ACEH (TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI) (Widya Rizki Anggraini, 2013)

PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (STUDI PADA PEMERINTAH KABUPATEN ACEH TAMIANG) (RISA MAULINA, 2016)

PENGARUH STRUKTUR PEMBIAYAAN (PRINSIP BAGI HASIL, JUAL BELI DAN SEWA) TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PT BANK MUAMALAT INDONESIA (Hardi Dwi Permana, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.