Search :

Advance


HUBUNGAN PENURUNAN KADAR HEMOGLOBIN DENGAN KUALITAS TIDUR BURUK PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NISA UL HASANAH - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Penyakit ginjal kronik/PGK disebut sebagai penyakit ginjal tahap akhir yang ditandai dengan kerusakan fungsi ginjal secara progresif. Komplikasi yang sering terjadi pada pasien PGK adalah penurunan kadar hemoglobin/Hb yang berdampak terhadap kualitas tidur pasien PGK karena peningkatan aktivitas saraf simpatis. Kualitas tidur merupakan persepsi individu dalam menilai lamanya waktu tidur yang berdampak pada aktivitas keseharian individu tersebut. Kualitas tidur buruk sangat umum ditemukan pada pasien PGK dengan stadium akhir. Kualitas tidur dapat diukur menggunakan instrumen Pittsburgh Sleep Quality Index/PSQI yang dapat mengidentifikasi kualitas tidur baik dan kualitas tidur buruk. Pittsburgh Sleep Quality Index telah digunakan dalam beberapa kasus dan divalidasi dalam berbagai kondisi klinis termasuk kondisi pasien dengan penyakit kronis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara penurunan kadar Hb dengan kualitas tidur buruk pada pasien PGK. Penelitian ini merupakan penelitian analytic observational dengan pendekatan cross-sectional. Pemilihan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik consecutive sampling dengan jumlah responden 61 pasien PGK yang menjalani hemodialisis serta memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Rerata responden pada penelitian ini memiliki kadar Hb 9,5 gr/dL dengan standar deviasi/SD sebesar 1,89. Rerata skor PSQI pada responden penelitian ini adalah 9,61 dengan standar deviasi sebesar 3,73. Hasil analisis dengan menggunakan uji Korelasi Pearson menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara penurunan kadar Hb dengan kualitas tidur buruk (p=0,001, r= -0,958) pada pasien PGK di RSUDZA Banda Aceh. Kesimpulan pada penelitian ini adalah semakin rendah kadar Hb maka semakin tinggi skor kualitas tidur buruk. Kata Kunci : PGK, Hb, Kualitas Tidur Buruk, PSQI

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN INTERLEUKIN - 6 DENGAN KUALITAS TIDUR, DEPRESI DAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK USIA LANJUT YANG MENJALANI HEMODIALISIS (Adwin Adnan, 2016)

HUBUNGAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN SKOR MINI-MENTAL STATE EXAMINATION (MMSE) PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RSUDZA BANDA ACEH (Cut Nadhira Mazaya, 2016)

PENGARUH USIA TERHADAP KUALITAS HIDUP PADA PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nia Wahyuni Harti, 2016)

GAMBARAN SEROSTOMIA PADA PENDERITA GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH (Nadya Syahana, 2015)

PERBEDAAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH BERDASARKAN JENIS KELAMIN (Maya Zahara, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.