Search :

Advance


TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN DAN PENGAJUAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI TIPE SOAL OPEN ENDED DI SMP

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmawati - Personal Name
Subyek EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
PROBLEM SOLVING
MATHEMATICS - STUDY AND TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Unsyiah
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Setiap individu pada dasarnya memiliki potensi kreatif dan kemampuan berpikir kreatif siswa dapat ditingkatkan, sehingga guru perlu mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa dalam memecahkan dan mengajukan masalah matematika. Dengan mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa guru dapat merancang metode, strategi maupun teknik pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Salah satu cara untuk mengetahui tingkat berpikir kreatif siswa antara lain dengan meminta siswa memecahkan dan mengajukan soal-soal terbuka (open ended). Penggunaan soal open ended dapat menstimulasi berpikir kreatif, kemampuan berpikir original, dan inovasi dalam matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat berpikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah matematika melalui tipe soal open ended dan tingkat berpikir kreatif siswa dalam pengajuan masalah matematika melalui tipe soal open ended. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan metode tes soal open ended dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Meureudu Pidie Jaya. Semua subjek penelitian diberikan tes dengan soal open ended, hasilnya dianalisis berdasarkan tiga komponen berpikir kreatif yaitu fluency, flexibility, dan originality, lalu peneliti melakukan wawancara terhadap enam siswa untuk mengonfirmasi jawaban dan mendeskripsikan tingkat berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua siswa berada pada tingkat 4 (sangat kreatif), satu siswa berada pada tingkat 3 (kreatif), dan dua siswa berada pada tingkat 2 (cukup kreatif). Sedangkan seorang siswa lain tidak memiliki kemampuan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah. Tiga dari enam siswa berada pada tingkat 2 (cukup kreatif), sedangkan tiga siswa lain tidak memiliki kemampuan berpikir kreatif dalam pengajuan masalah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI MENGGUNAKAN SOAL TES OPEN-ENDED PROBLEM PADA MATERI KOLOID DI SMA/MA KOTA BANDA ACEH (Dzirratur Rahmi, 2017)

PERKEMBANGAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI ELPSA FRAMEWORK DI SMP (NURHALIMAH, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Zulfiati, 2016)

PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SOAL PEMECAHAN MASALAH BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP NEGERI 6 RSBI BANDA ACEH (Ulya Nabilla, 2014)

PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA. (FERI IRAWAN, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.