Search :

Advance


HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU BALITA TERHADAP PEMBERIAN IMUNISASI POLIO DI GAMPONG JAWA KECAMATAN KUTA RAJA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Maghfirah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Program imunisasi merupakan suatu upaya pencegahan yang dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak dan juga orang disekitarnya terhadap suatu penyakit. Namun, program imunisasi di Indonesia masih mengalami hambatan akibat penolakan orangtua, dikarenakan anggapan salah yang berkembang di masyarakat, tingkat pengetahuan yang rendah, dan kesadaran yang kurang untuk mengimunisasikan anaknya. Dalam rangka mewujudkan dunia bebas polio maka dibutuhkan kontribusi dari segala pihak untuk meningkatkan persentase imunisasi polio ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu balita terhadap pemberian imunisasi polio di Gampong Jawa Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara proportional random sampling dengan teknik simple random sampling dengan cara lottery technique. Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian yang didapat dari 84 responden yang berpengetahuan baik dan memberikan imunisasi pada anaknya berjumlah 29 responden (74,4%) dan yang berpengetahuan tidak baik dan tidak mengimunisasikan anaknya berjumlah 23 responden (51,5%). Sikap ibu yang setuju dan memberikan imunisasi pada anaknya berjumlah 47 responden (62,7%), ibu yang tidak setuju dan tidak memberikan imunisasi berjumlah 5 responden (55,6%). Kesimpulannya terdapat hubungan yang bermakna antara pengatahuan (p = 0,017) ibu balita pemberian imunisasi polio (p < 0,05), namun tidak adanya hubungan antara sikap (p = 0,290) ibu balita terhadap pemberian imunisasi polio (p > 0,05). Kata kunci : Imunisasi Polio, Pengetahuan, Sikap Ibu.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN STATUS KESEHATAN DAN STATUS GIZI BALITA DI GAMPONG JAWA KECAMATAN KUTA RAJA BANDA ACEH (Khuzaimah, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PENDIDIKAN TERHADAP CAKUPAN IMUNISASI DASAR PADA BALITA DIDESA COT KARIENG KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR (zamzami saputra, 2014)

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TERHADAP IMUNISASI DASAR PADA BAYI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KUTA BARO ACEH BESAR (jawahir syahputra, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASIRNDASAR DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASARRNPADA BALITA DI WILAYAH KECAMATANRNDARUSSALAM ACEH BESARRNTAHUN 2014 (Anggun Fantaria, 2014)

PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG IMUNISASI BALITA DI WILAYAH RNPUSKESMAS LAMPULO BANDA ACEH TAHUN 2015 (NANDAINI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.