Search :

Advance


PERUBAHAN NILAI SOSIAL MASYARAKAT GAMPONG PULOT KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR PASCA 10 TAHUN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fachrul Razi - Personal Name
Subyek EARTHQUAKES - SOCIAL EFFECTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Magister Ilmu Kebencanaan Unsyiah
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Bencana gempa bumi dan tsunami pada tahun 2004 yang lalu, memberi dampak yang sangat besar bagi Gampong Pulot Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar, menghancurkan seluruh pemukiman warga, infrastruktur publik hancur, ekonomi, sosial dan kerusakan lingkungan yang sangat parah. Selama masa rehabilitasi dan rekonstrusi pasca bencana gempa bumi dan tsunami telah menimbulkan berbagai macam permasalahan, diantaranya 1) perubahan nilai sosial pada masyarakat pasca 10 tahun bencana gempa bumi dan tsunami Aceh 2004, 2) dampak bantuan (cash for work) yang diberikan kepada masyarakat masa rehabilitasi dan rekonstruksi terhadap perubahan sosial. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian descriptive kualitatif dengan teknik interview untuk mendapatkan data informasi dari berbagai narasumber. Data yang digunakan terdiri dari jenis data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pasca bencana gempa bumi dan tsunami Aceh 2004, telah terjadi perubahan nilai-nilai sosial masyarakat di Gampong Pulot, antara lain perubahan penghormatan terhadap orang tua mulai menurun, tingkat partisipasi masyarakat dalam dalam kegiatan gotong royong semakin berkurang dengan berbagai alasan, rendahnya motivasi kerja dalam pembangunan gampong dan lemahnya tanggung jawab sosial diakibatkan oleh ketergantungan masyarakat akan bantuan. Perempuan semakin terbuka dalam menyampaikan pendapat menunjukkan sikap masyarakat semakin demokratis. Secara tidak langsung program cash for work memiliki dampak positif dan negatif bagi masyarakat. Positifnya, terpenuhi kebutuhan pokok keluarga. Negatifnya, pasca berakhirnya program cash for work tersebut tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan di gampongnya mengalami penurunan hal ini terlihat dari mulai memudarnya budaya gotong royong yang melekat pada anggota masyarakat di Gampong Pulot. Kata kunci : Bencana, Perubahan nilai sosial, dan cash for work.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PENGALAMAN TERHADAP KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI KECAMATAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA (Ainal Mardhiah, 2014)

LIFE RECOVERY PASCA TSUNAMI ACEH 2004: TINJAUAN SOSIAL DAN EKONOMI (STUDI KASUS MASYARAKAT KORBAN TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH) (Bustami Zakaria, 2016)

PENGETAHUAN PERAWAT PUSKESMAS TENTANG PENANGGULANGAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DALAM WILAYAH KERJA KOTA BANDA ACEH (WINDA SALTIRA, 2017)

KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT ‘DESA SIAGA BENCANA’ DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Febriana, 2016)

PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH DALAM MITIGASI BENCANA: PELAJARAN SOSIAL DARI BENCANA TSUNAMI (Putra Rizki Youlan Radhianto, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.