Search :

Advance


HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN LAMA PENGOBATAN PASIEN TUBERKULOSIS PARU DI POLI DOTS RSUDZA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD ARIEF F - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK TB paru adalah penyakit multisistemik infeksi kronik yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini menginfeksi sekitar sepertiga dari manusia dan merupakan penyebab infeksi utama kematian di dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dukungan keluarga dan tingkat kecemasan terhadap lama pengobatan pasien TB paru yang dilakukan di Poli DOTS RSUDZA Banda Aceh. Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan desain Cross Sectional. Pengambilan data dilakukan dari awal Oktober – November 2016. Teknik pengambilan data menggunakan teknik non probability sampling. Data yang diambil dari rekam medis untuk menentukan lama pengobatan dan menggunakan kuesioner Family Apgar untuk menilai dukungan keluarga dan kuesioner SAS untuk menilai tingkat kecemasan. Data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi spearman. Selama melakukan penelitian, didapatkan 67 responden. Hasil analisis data dengan uji korelasi spearman menunjukan tidak ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan lama pengobatan (p-value 0,250) dan juga tidak ada hubungan secara signifikan antara tingkat kecemasan dengan lama pengobatan (p-value o,398) pada pasien TB paru di Poli DOTS RSUDZA Banda Aceh. Kata Kunci : Dukungan Keluarga, Tingkat Kecemasan, TB paru

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN FAKTOR PERILAKU DENGAN KEPATUHAN MENJALANI PENGOBATAN DIRECTLY OBSERVED TREATMENT SHORTCOURSE (DOTS) PADA PASIEN TUBERKULOSIS PARU DI POLIKLINIK PARU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Miftahul Jannah, 2014)

HUBUNGAN LAMA PENGOBATAN TUBERKULOSIS (TB) DENGAN TINGKAT GEJALA DEPRESI PADA PASIEN TB PARU DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Ashari Zuprin, 2015)

GAMBARAN KEBERHASILAN PENGOBATAN TUBERKULOSIS PADA PASIEN TB PARU DENGAN KOMORBID DM DI POLI DOTS RDUDZA BANDA ACEH (Munawarah, 2017)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PEMENUHAN NUTRISI PADA PASIEN TUBERKULOSIS PARU DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (NURUN QAMARIATUN, 2016)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KONSEP DIRI PASIEN TUBERKULOSIS PARU DI BALAI KESEHATAN PARU MASYARAKAT BANDA ACEH TAHUN 2012 (AAN SOFYANA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.