//

HUBUNGAN KONSUMSI KOPI DENGAN DERAJAT MASTALGIA DI KLINIK ONKOLOGI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NUR ADIBA PURBA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Mastalgia merupakan sensasi rasa nyeri dan tegang pada payudara yang berasal dari jaringan payudara maupun areola. Mastalgia salah satunya dipengaruhi oleh konsumsi kafein. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan proliferasi sel payudara sehingga timbul rasa nyeri dan tegang pada payudara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsumsi kopi dengan derajat mastalgia di klinik onkologi Banda Aceh. Jenis penelitian adalah analitik observasional dengan desain cross-sectional. Responden penelitian berjumlah 47 orang yang diambil dengan metode accidental sampling. Pengambilan data pertama dilakukan dari tanggal 20 sampai 29 Juli 2016 dan pengambilan data kedua dari tanggal 1 September sampai 15 Oktober 2016. Data dianalisis dengan menggunakan uji Spearman. Hasil penelitian didapatkan usia terbanyak adalah 36-45 tahun (34%), pekerjaan terbanyak adalah PNS (31,4%) dan pendidikan terbanyak adalah perguruan tinggi (63,8%). Sedangkan untuk tingkat konsumsi terbanyak adalah yang mengkonsumsi kopi (54,3%) dan derajat mastalgia terbanyak adalah tingkatan nyeri sedang (51,1%). Hasil analisis data menunjukkan p value 0,84 (α > 0,05) yang berarti tidak terdapat hubungan antara konsumsi kopi dengan derajat mastalgia di klinik onkologi Banda Aceh. Disimpulkan bahwa konsumsi kopi tidak mempengaruhi derajat mastalgia. Kata kunci: Konsumsi kopi, Kafein, Proliferasi sel, Mastalgia

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DERAJAT KONSUMSI KOPI DENGAN SINDROM DISPEPSIA DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (IKA PURNAMA, 2018)

HUBUNGAN KONSUMSI KOPI TERHADAP KUALITAS TIDUR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2012 (Putri Novian Zahra, 2016)

PENGARUH DERAJAT ROASTING DAN KOMPOSISI PENAMBAHAN KOPI ARABIKA PADA KOPI ROBUSTA TERHADAP TINGKAT KESUKAAN KONSUMEN (TIRNI GEMASIH, 2018)

HUBUNGAN KONSUMSI MAKANAN BERKOLESTEROLRN DAN KOLESTEROL DARAH DENGAN FIBRORN ADENOMA MAMMAE (FAM) DI RUMAHRNSAKIT UMUM DAERAHRNDR.ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH (Ayu Mauliana, 2014)

ACEH PUNGOE KUPIE (PENGARUH MCDONALDISASI WARUNG KOPI TERHADAP GAYA HIDUP NGOPI DI BANDA ACEH) (Ridho Zaid Iskandar, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy