Search :

Advance


TINGKAT KEPUASAN PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI INSTALASI DIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zurriyati - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkan. Kepuasan pasien merupakan salah satu tujuan dari peningkatan mutu pelayanan kesehatan. Kualitas pelayanan dinilai melalui lima dimensi yaitu Reliability (kehandalan), Assurance (keterjaminan), Tangible (bukti fisik), Emphaty (empati), Responsivenes (ketanggapan). Rumah Sakit Umum Daerah dr.Zainoel Abidin Banda Aceh merupakan salah satu rumah sakit yang menyediakan jasa pelayanan salah satunya pelayanan Hemodialisis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelyanan Hemodialisis di RSUDZA Banda Aceh. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional. Pengambilan data dilakukan pada bulan Oktober-November 2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode rumus besar sampel slovin sebanyak 60 responden. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa 3,3% merasa tidak puas, 43,3% merasa puas dan 53.3% merasa sangat puas. Hasi analisa uji Spearman menunjukkan dari total 60 responden terdapat hubungan antara kepuasan terhadap kualitas pelayanan dari dimensi Reliability (P = 0,000), Assurance (P = 0,001), Tangible (P = 0,000), Empaty (P = 0,003), dan Responsiveness (P = 0,000). Kesimpulannya terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan Hemodialisis terhadap kepuasan pasien RSUDZA dari dimensi Reliability, Assurance, Tangible, Empaty, Responsiveness. Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, RSUDZA, Hemodialisis

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN SKOR MINI-MENTAL STATE EXAMINATION (MMSE) PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RSUDZA BANDA ACEH (Cut Nadhira Mazaya, 2016)

STATUS GIZI PASIEN HEMODIALISIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUBJECTIVE GLOBAL ASSESSMENT (SGA) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Said Qadaru Alaydrus, 2015)

GAMBARAN GEJALA KLINIS PASCA TERAPI HEMODIALISIS BERDASARKAN DIALYSIS SYMPTOM INDEX (DSI) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dara Miranda, 2014)

HUBUNGAN JENIS KELAMIN DAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN STATUS NUTRISI LANSIA YANG MENJALANI HEMODIALISIS KRONIK DENGAN METODE GERIATRIC NUTRITION RISK INDEX DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rauzatul Jannah, 2016)

GAMBARAN STRES DAN STRATEGI KOPING PADA PASIEN YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI INSTALASI DIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (Putri Vera Febrina, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.