//

TINGKAT KEPUASAN PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI INSTALASI DIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zurriyati - Personal Name
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkan. Kepuasan pasien merupakan salah satu tujuan dari peningkatan mutu pelayanan kesehatan. Kualitas pelayanan dinilai melalui lima dimensi yaitu Reliability (kehandalan), Assurance (keterjaminan), Tangible (bukti fisik), Emphaty (empati), Responsivenes (ketanggapan). Rumah Sakit Umum Daerah dr.Zainoel Abidin Banda Aceh merupakan salah satu rumah sakit yang menyediakan jasa pelayanan salah satunya pelayanan Hemodialisis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelyanan Hemodialisis di RSUDZA Banda Aceh. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional. Pengambilan data dilakukan pada bulan Oktober-November 2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode rumus besar sampel slovin sebanyak 60 responden. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa 3,3% merasa tidak puas, 43,3% merasa puas dan 53.3% merasa sangat puas. Hasi analisa uji Spearman menunjukkan dari total 60 responden terdapat hubungan antara kepuasan terhadap kualitas pelayanan dari dimensi Reliability (P = 0,000), Assurance (P = 0,001), Tangible (P = 0,000), Empaty (P = 0,003), dan Responsiveness (P = 0,000). Kesimpulannya terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan Hemodialisis terhadap kepuasan pasien RSUDZA dari dimensi Reliability, Assurance, Tangible, Empaty, Responsiveness. Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, RSUDZA, Hemodialisis

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN GINGIVITIS PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS (KAJIAN DI INSTALASI HEMODIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (PUTRI SRI WAHYUNI, 2016)

HUBUNGAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN SKOR MINI-MENTAL STATE EXAMINATION (MMSE) PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RSUDZA BANDA ACEH (Cut Nadhira Mazaya, 2016)

GAMBARAN GEJALA KLINIS PASCA TERAPI HEMODIALISIS BERDASARKAN DIALYSIS SYMPTOM INDEX (DSI) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dara Miranda, 2014)

STATUS GIZI PASIEN HEMODIALISIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUBJECTIVE GLOBAL ASSESSMENT (SGA) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Said Qadaru Alaydrus, 2015)

HUBUNGAN JENIS KELAMIN DAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN STATUS NUTRISI LANSIA YANG MENJALANI HEMODIALISIS KRONIK DENGAN METODE GERIATRIC NUTRITION RISK INDEX DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rauzatul Jannah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy