//

HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT KELASI BESI TERHADAP PERKEMBANGAN SEKS SEKUNDER PADA ANAK PENDERITA THALASEMIA BETA MAYOR DI SENTRAL THALASEMI RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fahmiati Arifna - Personal Name
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Thalasemia merupakan penyakit yang diturunkan. Pada penderita thalasemia, hemoglobin mengalami penghancuran (hemolisis). Akibatnya penderita harus menjalani pengobatan seumur hidup. Efek dari penyakit dan pengobatan thalasemia adalah terganggunya perkembangan seks sekunder akibat zat besi yang berlebihan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kepatuhan minum obat kelasi besi dengan perkembangan seks sekunder pada anak penderita thalasemia di Sentral Thalasemia Rumah Sakit dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik consecutive sampling, didapatkan 43 pasien yang memenuhi kriteria inklusi dari 21 Juli – 30 September 2016. Analisis data penelitian menggunakan uji statistik Mann-Whitney. Hasil penelitian didapatkan 19 pasien (44,2%) berjenis kelamin laki-laki dan 24 pasien (55,8%) berjenis kelamin perempuan. Terdapat hubungan yang signifikan antara kepatuhan minum obat kelasi besi dengan perkembangan seks sekunder (p = 0,010) pada anak penderita thalasemia beta mayor. Kata Kunci : Thalasemia, Kelasi Besi, Kematangan Seksual

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KEPATUHAN MINUM OBAT KELASI BESI DENGAN PERTUMBUHAN LINIER ANAK PENDERITA THALASEMIA BETA MAYOR DI SENTRAL THALASEMIA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (FANINA RIZKIA, 2017)

HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT KELASI BESI DENGAN GANGGUAN FUNGSI HATI PADA PENDERITA β-TALASEMIA MAYOR (FATHURRAHMI, 2018)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA ANAK THALASEMIA BETA MAYOR DI BLUD RUMAH SAKIT ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (SHABRINA, 2016)

HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT DENGAN KUALITAS HIDUP PENDERITA GAGAL JANTUNG KRONIK (Cut Thalya Alissya Rahma, 2015)

HUBUNGAN TUMBUH KEMBANG BALITA DENGAN KUALITAS HIDUP PENDERITATHALASSEMIARNBETA MAYOR DI SENTRAL THALASSEMIA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Khairunnisa, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy