Search :

Advance


HUBUNGAN TINGKAT TAJAM PENGLIHATAN DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN DENGAN KELAINAN REFRAKSI BELUM DIKOREKSI DI POLI MATA RSUD MEURAXA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahayu Anita Permata Hadi - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Kelainan refraksi merupakan masalah umum terbesar yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada penderita kelainan refraksi terjadi penurunan tajam penglihatan, dimana hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara tingkat tajam penglihatan dengan kualitas hidup pada penderita kelainan refraksi belum dikoreksi di RSUD Meuraxa Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik dengan metode cross-sectional yang dilaksanakan pada bulan Juni-Oktober 2016. Sampel adalah pasien dengan kelainan refraksi yang sesuai dengan kriteria inklusi yang didapat dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan melihat pemeriksaan visus dan kuesioner. Dari hasil penelitian didapatkan penderita kelainan refraksi berjumlah 57 orang dengan persebaran 26 orang (45,6%) untuk masing-masing tajam penglihatan ringan dan sedang dan 5 orang (8,8%) memiliki tajam penglihatan buruk, dimana 41 orang (71,9%) memiliki kualitas hidup baik dan 16 orang (28,15%) memiliki kualitas hidup buruk. Kesimpulan: adanya korelasi positif secara statistik antara tingkat tajam penglihatan dengan kualitas hidup pada pasien dengan kelainan refraksi belum dikoreksi di RSUD Meuraxa Banda Aceh, yang dibuktikan melalui uji korelasi Spearman (p < 0,001) dengan (r = 0,647). Kata kunci : Kelainan refraksi, tajam penglihatan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TAJAM PENGLIHATAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN SEBELUM DAN SESUDAH OPERASI KATARAK SENILIS DI RSUDZA BANDA ACEH (Tria Mairizka, 2017)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANGTUA DENGAN PENGGUNAAN KACAMATA SEBAGAI KOREKSI PADA ANAK KELAINAN REFRAKSI DI MIN ULEE KARENG BANDA ACEH (Nurul Islami, 2017)

KARAKTERISTIK KELAINAN REFRAKSI ANAK USIA SEKOLAH DI POLI MATA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rizki wahyuni, 2014)

TAJAM PENGLIHATAN PENDERITA KATARAK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE JANUARI SAMPAI DESEMBER 2010 (Erni Fitria, 2014)

HUBUNGAN KELAINAN REFRAKSI DENGAN INDEKS PRESTASI BELAJAR SISWARNSEKOLAH DASAR NEGERIRN(SDN) 67 PERCONTOHANRNBANDA ACEH (Nichia Defira Al Rahim Lubis, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.